Kebotakan Kenari

15 Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari

Burung kenari berasal dari nama wilayah aslinya yaitu kepulauan Canary. Pada jaman dahulu burung ini banyak di kembangkan oleh bangsawan Spanyol kemudian merambat ke asia hingga Australia. Dari postur tubuhnya yang kecil dipadukan dengan kecantikan  warna bulunya  yang cerah serta kicauannya yang sangat indah membuat banyak orang tertarik untuk memelihara burung kenari ini. Sehingga tidak salah kemudian, banyak peternak sebelum memutuskan  memeliharanya, terlebih dahulu mencari tahu banyak hal mengenai masalah burung kenari ini,  terutama  masalah kenari kebotakan yang sering terjadi.

Kebotakan Kenari

Di Indonesia banyak sekali burung kenari lokal di pelihara. dan banyak  juga ditemukan di alam liar, dan berkembang biak  di daerah hutan terbuka  yang cenderung  rimba dengan semak dan pepohonan. Biasanya pada kesehariannya burung ini memiliki kebiasaan berkelompok  dalam jumlah kecil mengelilingi lokasi hutan. Kemudian oleh sebagian peternak kenari tersebut, diambil dan dilakukan penyilangan dengan type kenari impor untuk menghasilkan bibik kenari yang beraneka ragam yang kemudian disebut dengan istilah burung kenari lokal.

Penyebab Kenari Botak :

Tak lepas dari kehidupan burung itu sendiri, penyakit kebotakan bulu pada burung kenari sewaktu waktu bisa datang mengancam kesehatannya. Hal itulah yang membuat para pecinta burung kenari selalu waspada terhadap kesehatan burungnya.

Menjaga kesehatan burung kenari dari stres, berkutu/ tungau, jamur, terlampaui birahi dan kekurangan iodium adalah hal wajib anda lakukan .karena jika  itu diabaikan akan  mengakibatkan burung kenari kebotakan. Untuk lebih detailnya mengenai penyebab burung kenari kebotakan adalah sebagai berikut.

1. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi merupakan faktor utama yang menyebabkan burung kenari  kebotakan. Dalam hal ini perlu adanya tambahan makanan khusus yang bernutrisi tinggi. Untuk persediaan pakan yang bernutrisi, anda bisa langsung membelinya di kios peternakan.

2. Kekurangan Hormon

Hewan yang kekurangan hormon akan menyebabkan terjadinya gangguan pada kelenjar  adrenalin, sehingga kemungkinan besar burung akan mudah terjangkit penyakit addison, bisa juga  ada gangguan pada kelenjar tiroidnya   akibat dari  tidak stabilnya hormon  hiperteroid yang menyebabkan bulu burung tersebut rontok dengan sendirinya.

3. Dalam Proses Meloloh Anakan

Dalam proses meloloh anakan biasanya indukan burung  kenari kebotakan. Akibat  memberikan pakan anaknya. Dan hal itu sudah biasa terjadi pada indukan mana pun. Jika itu terjadi pada burung kenari anda segera lakukan antisipasi dengan terapi alami menggunakan obat tradisional seperti lidah buaya dll.

4. Infeksi Bakteri

Terinfeksi bakteri seperti tungau, jamur parasit biasanya akan  menyebabkan kenari kebotakan tampak merata, dan bulu tampak berjatuhan di sekitar tempat diamnya.

5. Karena Serangan Tungau Kantung Udara

Serangan tungau kantung udara hal juga merupakan penyebab burung kenari kebotakan.  Karena komplikasi ini, akibatnya burung dalam kondisi tidak nyaman yang kemudian menyebabkan stres.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan burung kenari kebotakan. Untuk itu menanggulangi keadaan tersebut perlu sesegera mungkin melakukan tindakan-tindakan penyembuhan agar tidak sampai menular kepada yang lain.

Cara Mengobati Kenari Botak :

Terdapat beberapa cara mengatasi kenari kebotakan. Berikut saya akan ulas sedetail mungkin cara menyembuhkan burung kenari kebotakan di bawah ini;

1. Tangkap Kenari Secara Perlahan

Tangkap kenari pelan-pelan, pegang dengan halus agar tidak berontak saat berada di tangan, kemudian perhatikan bagian-bagian bulu yang rontok.

2. Gunakan Sikat Gigi Untuk Pembersih

Setelah ditangkap gunakan sikat gigi yang halus untuk membersihkan kuman dengan cara mencelupkan ke air hangat lalu sikat pelan-pelan ke bagian kulit yang rontok hingga kulit tampak bersih.

3. Keringkan Sebelum Diterapi

Setelah bagian kulit kenari yang rontok bersih, kemudian keringkan terlebih dahulu menggunakan kapas atau tissu sebelum diobati.

4. Gunakan jeruk nipis

Jeruk nipis juga sering digunakan sebagai penumbuh bulu yang rontok. Anda juga bis menggunakan  peraasan jeruk nipis pada bagian-bagian kulit kenari yang rontok. Lakukan secara berturut-turut selama 5-6 hari.

5. Gunakan Birdmineral

Anda juga bisa gunakan birdMineral selama dalam proses penyembuhan. Karena ia berfungsi mempercepat pertumbuhan bulu pada kulit yang diakibatkan oleh virus. Atau,

6. Gunakan FreshAvies

Jika kenari kebotakan akibat  terinfeksi bakteri seperti tungau, jamur parasit Gunakan FreshAves. Caranya simpan dan karantina burung kenari kebotakan tersebut dalam kandang yang bersih, lalu semprotkan obat freshAves. Setelah itu semprot juga sangkar yang digunakan untuk membunuh bakteri  atau parasit yang menempel.

7. Gunakan Birdfresh

Jika masalah kenari kebotakan karena serangan tungau kantung udara ( Air Sac Mite), maka gunakan produk dari omkicau yaitu BirdFresh dengan cara di oleskan  pada bagian bulu yang rontok tersebut.

8. Gunakan Minyak Kemiri

Caranya  tumbuk kemiri yang sudah di bakar lalu ambil minyaknya dan oleskan pada bagian bulu  burung kenari kebotakan.  Ramuan tradisional ini  sudah terbukti khasiatnya dan sering digunakan  oleh nenek moyang kita untuk menyuburkan  rambut  dan agar rambut lebih hitam.  Minyak kemiri ini juga di jadikan bahan baku shampo. Sehingga cocok juga untuk menumbuhkan bulu kenari yang kebotakan.

9. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan Glycoprotein yang bisa merangsang pertumbuhan bulu dan rambut. Juga bisa mengatasi masalah burung kenari kebotakan yang disebabkan oleh banyak hal. Lidah buaya juda bermanfaat  sebagai anti jamur dan anti bakteri, dan membantu proses penumbuhan  kembali sel-sel  tubuh yang sudah mati.

Caranya yaitu, potong daun lidah buaya yang masih segar kemudian diiris-iris  lalu bagian dalam lidah buaya tersebut dioleskan kebagian kulit yang botak atau rontok. Lakukan cara ini berulangkali selama  satu minggu berturut-turut. Selama dalam masa terapi , burung tetap diberi  bird mineral untuk merangsang pertumbuhan bulu baru. Tidak hanya kepada burung kenari. Cara ini juga bisa dilakukan  pada burung-burung kecil lainnya yang mengalami kerontokan yang sama. Maka dari itu perlu adanya perawatan secara intensip yang berkelanjutan.

10. Lakukan Perawatan Secara Terus Menerus

Pada saat kenari sudah mulai tumbuh bulu, dan kebotakan sudah sembuh, lakukan perawatan secara terus menerus Agar penyakit kebotakan tersebut tidak kambuh lagi. Maka untuk itu perlu melakukan tindakan-tindakan berikut ini;

  • Selalu Membersihkan Sangkar

Kebersihan kandang merupakan hal terpenting  untuk di lakukan. Karena kandang yang bersih akan membuat burung  kenari  merasa nyaman, dengan begitu kenari tidak mudah stres,  tetap sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit dan kicaunya pun secara otomatis akan tetap indah terdengar.

  • Berikan pakan bergizi

Berikan biji-bijian yang disukai burung kenari. Seperti biji millet, niger, canary seed dan lain-lain.  Jika pakan pabrikkan, berikan sedikit-sedikit setiap hari agar kualitas atau protein dan vitamin dalam pakan tersebut selalu bagus.  Karena terlalu banyak pakan yang diberikan bisa menyebabkan pakan rusak

  • Berikan Air Minum Yang Bersih

Penyakit terkadang muncul dari air yang kotor. Maka dari itu, lakukan penggantian air sewaktu-waktu di saat air minumnya  sudah terlihat kotor dan keruh. Selain itu air yang bersih akan membuat suara burung tetap terdengar indah dan merdu..

  • Beri Vitamin

Selain pakan biji-bijian, juga perlu di tambahkan pakan yang mengandung multi vitamin dan mengandung  nutrisi tinggi, agar pemenuhan  gizi burung kenari tersebut tercukupi. Ada beberapa vitamin dan suplemen yang bisa meningkatkan kesehatan dan  stamina burung kenari  bisa bertambah, seperti OrBird. Dengan begitu burung kenari tetap sehat, kicau suara yang dimiliki  akan semakin bersih indah dan merdu.

  • Jemur Pagi Atau Sore Hari

Lakukan penjemuran terhadap burung kenari secukupnya.  Lebih baik  lakukan sebelum  jam sepuluh pagi. Atau pada jam 3 sore selama 1 jam.

  • Masukkan Ke Dalam Rumah Malam Hari

Burung kenari sangat tidak suka dan tidak cocok dengan udara di malam hari. Sebaiknya letakkan burung kenari pada malam hari di bawah atap. Atau lebih amannya masukkan ke dalam rumah.

Baca Juga: Cara Merawat Kenari di Musim Hujan Agar Tidak Mati

Dalam kasus penyakit pada burung, Anda bisa menggunakan solusi alternatif mengatasi kebotakan pada kenari. Terapi ini juga dapat diterapkan untuk burung-burung kecil seperti pleci. Adapun untuk burung berukuran sedang dan besar, misalnya murai batu. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Kenari Musim Hujan

15 Cara Merawat Kenari di Musim Hujan Agar Tidak Mati

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kenari Bersisik