Kenari Gagal Mabung

15 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Gagal Mabung

Kenari Gagal Mabung – Siklus alamiah dalam kehidupan burung kenari yaitu mabung. Mabung sendiri merupakan rontoknya bulu lama dan digantikan dengan bulu baru. Namun proses seperti ini tidak selalu sempurna. Sering terjadi kenari gagal mabung yang ditandai dengan tidak lancarnya proses mabung yang tidak normal, dimana biasanya proses hanya 1 bulan namun jika gagal mabung sampai dengan 3 bulan lamanya.

Kenari Gagal Mabung

Salah satu penyebabnya burung gagal mabung dikarenakan perawatan maupun pemberian asupan nutrisa kepada kenari sangat kurang. Sehingga menyebabkan proses kenari gagal mabung. Para pencinta burung seharunya memahami penyebab dan cara mengatasi burung anda gagal mabung.

Proses mabung sangat menentukan bagi kualitas burung setelah berakhirnya masa mabung, berikut ini  yang harus anda pahami gejala penyebab mabung beserta cara mengatasinya

Penyebab Kenari Gagal Mabung :

1. Kekurangan Nutrisi

Bagi kalangan pencinta burung proses mabung adalah proses yang harus diperhatikan betul. Mereka akan memberikan perawatan kenari harian yang maksimal begitu pula dengan masalah asupan nutrisi. Penyebab dari salah satu kenari gagal mabung adalah asupan nutrisi yang tidak teratur. Menurut para peternak kenari asupan nutrisi yang biasa diberikan adalah telur rebus yang dicampur dengan milet putih.

2. Perawatan Yang Tidak Maksimal

Burung yang mabung harus diperhatikan dengan matang. Penyebab dari kenari gagal mabung adalah perawatan dari kenari sendiri tidak maksimal. Baik perawatan untuk kesehatan burung maupun perawatan terhadap sangkarnya. Kedua kompenen ini sangat mempengaruhi proses dalam mabung.

3. Tidak Diberikannya Banyak Waktu Untuk Istirahat

Sebagian orang menganggap remeh proses mabung pada kenari. Lantas diikut sertakanlah kenari tersebut pada sebuah perlombaan kontes burung, walaupun keadaan kenari sedang dalam kondisi mabung. Hal ini lah yang mengakibatkan kenari gagal mabung karena kurangnya waktu untuk istirahat. Disamping itupun perlombaan yang diikuti tidak dapat maksimal.

4. Sangkar Tidak Diberi Kerodong

Saat burung sedang mengalami mabung kerodong untuk menutupi sangkarnya sangat berguna untuk ketenangan burung tersebut. Dikarenakan sangat rentan terhadap suara-suara dari luar yang dapat menganggunya maupun gangguan dari hewan-hewan yang mengintainya.

5. Lampu Tidak Dimatikan Saat Malam Hari

Walaupun hal ini sangat sepele dan banyak orang yang tidak menyadarinya lampu yang tidak dimatikan saat malam hari dapat mengakibatkan kenari gagal mabung. Dalam kondisi mabung kenari lebih sangat sensitif terhadap cahaya. Langkah yang harus ditempus supaya agar mematikan lampu saat ada sangkar burung pada ruangan tersebut.

6. Kenari Terkena Birahi

Saat mabung kenari juga bisa terserang birahi. Hal ini alamiah ini bila datang secara bersamaan, maka proses mabung akan terhambat atau bahkan kenari gagal mabung. Penyebab dari kenari birahi bisa dikarenakan pemberian protein yang terlalu berlebihan tanpa di kontrol dengan baik.

7. Kondisi Burung Sangat Lemah

Disamping kita memberikan asupan nutrisi maupun protein telah maksimal, namun segi internal yang ada didalam tubuh burung tersebutlah yang menentukan berhasil tidaknya proses mabung. Tubuh burung yang relatif kurus lebih lama dalam proses mabung ini.

Dikarenakan sebelum terjadi proses mabung kondisi burung kenari saat itu juga sangat mempengaruhi waktu ini. Bilamana kondisi saat itu dalam keadaan tidak prima maka burung bisa dipastikan kekurangan energi saat proses mabung.

Cara Mengatasi Kenari Gagal Mabung :

1. Tempatkan Kenari Mabung Dilokasi Yang Sepi dan Tenang

Cara yang paling sederhana untuk mengatasi kenari gagal mabung adalah menempatkan kenari yang sedang mabung senyaman mungkin jauh dari kegaduhan dan lalu lalang manusia maupun kendaraan. Jauh dari keramain yang sangat diinginkan kenari. Masa mabung membutuhkan suasana yang sunyi serta nyaman.

Proses mabung sama halnya dengan merawat burung yang sedang sakit. Karenanya keadaan sekitar sangat mempengaruhinya. Ketika keadaan sangat ramai yang mengakibatkan burung menjadi sangat terganggu.

2. Kenari Mabung Harus Full Kerodong

Dalam keadaan mabung sangkar kenari harus penuh dengan kerodong. Hal ini dilakukan setiap hari dan dianjurkan agar kain kerodong yang agak tebal. Sesekali kerodong dibuka pada saat pemberian makan maupun pembersihan sangkar.

Kerodong berfungsi sebagai penutup aktivitas dilingkungan burung, jadi agar kenari mampu benar-benar fokus dalam proses mabungnya. Dan untuk menutupi cahaya yang masuk dari sinar matahari maupun lampu di malam hari.

3. Menjaga Kebersihan Sangkar

Kotoran dalam sangkar dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kotoran dan akan merambat ke badan burung dan mengakibatkan dalam proses mabung menjadi terhambat. Apalagi ditambah dengan pergerakan burung yang sangat mini mengakibatkan sangat mudah untuk terserang penyakit. Hal ini merupakan alternatif dalam mengatasi kenari yang gagal mabung.

4. Stop Mandi Untuk Kenari Mabung

Cara mengatasi kenari gagal mabung yaitu dengan cara tidak dimandikan. Dikarenakan mandi justru akan menghambat perontookan bulu lama dan menghambat pertumbuhan dari bulu baru. Sehingga proses dalam siklus mabung akan jauh lebih lama.

5. Stop Jemur Untuk Kenari Mabung

Sama seperti dengan mandi, kenari yang sedang mabung tidak dianjur untuk berjemur. Karena unsur dari sinar matahari mengakibatkan menguatnya bulu, dan proses perontakan bulu lama akan menjadi lama. Disamping itu sinar matahari juga dapat merusak bulu-bulu jarum atau bulu muda yang akan tumbuh. Maka sebaiknya untuk mempercepat proses mabung sebaiknya burung tetap dalam sangkar.

6. Pemberian Pakan Berkualitas

Pakan merupakan sumber utama tenaga maupun kesehatan burung. Cepat lambatnya proses mabung ditentukan oleh jenis pakannya. Karena dalam proses mabung burung sangat membutuhkan kesehatan dan tenang yang prima.

Maka dianjurkan untuk selalu memberikan nutrisi yang cukup. Dan nutrisi ini sudah disediakan di kios-kios burung, serta harga juga relatif terjangkau. Selain itu hal ini juga akan menghasailkan bulu yang maksimal ketika proses mabung telah selesai.

7. Berikan EF (Ekstra Fooding)

Pemberian ekstra fooding dinilai sangat mujarab dan penting bagi kenari yang sedang proses mabung. Ekstra fooding ini berhasil dalam mengatasi kenari gagal mabung dan menentukan cepat dan lamanya proses mabung. Jika dalam keadaan mabung kenari tidak diberikan ekstra fooding yang cukup biasanya akan menghambat proses mabung dan menjadi lama dan setelah proses mabung berakhir maka performa dari burung jauh lebih menurun dan sangat drop kondisinya.

8. Berikan Makan Sayuran

Sayuran sangat bermanfaat untuk stamina burung saat mabung. Karena saat mabung burung membutuhkan tenaga yang prima dan kuat, banyak burung yang mati ketika menjalani proses mabung. Disamping itu ketika proses mabung telah berakhir tidak sedikit burung yang kualitasnya menjadi menurun.

Sayuran yang digunakan bisa semisal sawi hijau, sawi putih, selada. Bisa juga berupa buah-buahan seperti apel dan mentimun. Selain itu bisa anda campurkan dengan kroto maupun telur rebus sebagai protein tambahan. Hal  ini bisa dilakukan secara bergilir dalam waktu selama mabung terjadi. Namun dalam pemberian protein harus diperhatikan kadarnya. Yang ditakutkan malah burung tersebut terkena birahi bilamana terlalu banyak protein yang masuk dalam tubuhnya.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Ciak Bulu

Dalam merawat kenari gagal mabung, hal terpenting yaitu merawat burung dengan konsisten. Selain itu kebersihan juga sangat penting diperhatikan. Apabila burung tersebut sakit saat mabung karena disebabkan oleh kurang bersihnya sangkar, maka proses mabungnya bertambah lama. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
loading...
Kenari Ciak Bulu, Kenari Cabut Bulu, Kenari, penyakit kenari, Masalah kenari

15 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Ciak Bulu

Kacer Over Birahi, Kacer Birahi Tinggi

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Over Birahi