Kenari Stres, Penyakit Kenari, Masalah Kenari, Kenari Merah

25 Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Stres

Ciri-ciri, penyebab dan cara mengatasi kenari stres dengan mudah dalam waktu satu minggu. Stres pasti merupakan masalah semua jenis burung, termasuk juga kenari. Salah satu tujuan memelihara burung kenari atau burung kicau adalah untuk mendengar kicauannya. Akan terasa hampa apabila burung kenari kesayangan anda mengalami stres sehingga kicauannya tidak dapat anda nikmati. Terlebih jika burung kenari anda sudah gacor dan terbiasa berkicau di rumah, anda pasti akan merasa sepi.

Kenari Stres, Penyakit Kenari, Masalah Kenari, Kenari Merah

Labih parah lagi jika burung kenari anda akan mengikuti perlombaan atau akan anda jual, tidak menyenagkan bukan? Nah, di sini akan dibahas penyebab burung kenari stres dan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Kenari Stres :

Kenari yang stres akan menunjukan reaksi fisik dan juga tingkah lakunya. Apabila tingkat stres kenari sudah sampai tingkat membahayakan, maka anda dapat melihat dengan jelas dari tanda-tanda di fisik atau tubuhnya. Berikut beberapa tanda yang ditunjukan oleh burung kenari ketika mengalami stres.

  • Tampak gelisah.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Bulu kepala mengembang.
  • Melakukan gerakan yang berlebihan.
  • Burung yang biasanya sudah terlath berkicau menjadi jarang berkicaua atau bahkan tidak berkicau sama sekali.

Anda pasti ikut stres ketika burung kenari kesayangan anda mengalami stres. Oleh karena itu, anda harus mengetahui penyebab kenari mengalami stres sehingga anda akan tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kenari anda mengalami stres.

Penyebab Kenari Stres :

1. Lingkungan

Lingkungan yang terlalu bising dan juga ramai sangat memicu kenari mengalami stres. Sebaiknya anda menghindari untuk menggantung kenari di tempat yang ramai seperti di teras rumah, tepi jalan raya, dan sebagainya.

2. Suhu Dan Cuaca

Kenari akan mengalami stres jika suhu dan cuaca tidak baik, misalnya terlalu dingin atau terlalu panas. Situasi tersebut menyebabkan kenari akan mengalami macet bunyi dan tidak lincah. Jika terlalu lama mengalami stres dapat menimbulkan penyakit. Hal terburuk penyakit tersebut akan menyebabkan kematian pada burung kesayangan anda.

3. Suara Burung Lain

Hal lain yang membuat burung kenari stres adalah suara burung lain. Beberapa pecinta burung telah membuktikan hal tersebut. Apabila burung kenari didekatkan dengan burung lain yang lebih besar dan lebih fighter maka burung kenari akan stres dan macet bunyi.

4. Hewan Lain

Apabila burung kenari berdekatkan dengan hewan lain seperti kucing, anjing, tikus, tokek, dan lain sebagainya maka burung tersebut juga dapat mengalami stres. Sebaiknya anda menempatkan burung di tempat yang aman dari hewan lain.

5. Over Birahi

Burung kenari jantan yang terlalu birahi pada taraf tertentu akan cenderung mengalami stres. Biasanya burung tersebut akan hiperaktif dan tidak terkendali.

6. Kelaparan

Penyebab lain burung mengalami stres adalah karena burung mengalami kelaparan. Mungkin anda lupa memberinya makan atau anda memberi makan dengan porsi yang terlalu sedikit.

7. Faktor Bawaan

Siapa yang tidak senang jika baru membeli burung kenari di pengepul. Namun, rasa senang anda bisa saja hilang dalam sekejap karena ternyata burung anda menunjukkan tanda-tanda stres. Hal ini mungkin karena faktor bawaan dari sifatnya.

8. Wadah Yang Tidak Nyaman

Pada saat membeli kenari atau hendak membawanya ke suatu tempat, burung dibawa dengan kemasan yang salah atau tidak memdadai. Misalnya wadah yang tidak sesuai dengan ukuran burung (terlalu kecil) atau membawa lebih dari satu burung dalam satu kemasan sehingga saling mematuk. Hal tersebut tentu membuat burung menjadi stres.

9. Sangkar Kotor

Sangkar yang jarang atau tidak pernah dibersihkan dan jarang dijemur akan membuat burung kenari stres. Hal ini dapat memunculkan parasit seperti gurem, kutu bulu, dan sejenisnya yang dapat menyerang burung kesayangan anda.

10. Proses Ganti Bulu

Proses ganti bulu juga dapat membuat stres. Hal ini terjadi jika proses ganti bulu terjadi secara berkepanjangan.

Burung kenari adalah salah satu burung yang dikenal jarang mengalami stres. Kalaupun stres, burung kenari mudah sekali untuk disembuhkan. Tetapi jika sudah stres, anda juga pasti merasa bingung. Berikut beberapa cara mengatasi burung kenari yang mengalami stres.

Cara Mengatasi Kenari Stres :

1. Jauhkan Dari Tempat Ramai

Apabila burung kenari anda stres karena karena tempat ang terlalu bising atau ramai maka pindahkan ke tempat yang sepi. Sepi di sini bukan bearti tidak ada orang sama sekali tetapi masih ada dalam jangkauan anda. Dengan demikian, anda dapat melihat perkembangan dan juga keamanan burung kenari kesayangan anda. hal ini juga berlaku bagi burung betina yang tidak mau mengerami telur dan meloloh anak-anaknya.

2. Tempatkan di Suhu Kamar

Apabila cuaca terlalu panas atau terlalu dingin maka kenari anda dapat mengalami stres. Jika penyebabnya hal tersebut maka pindahkan kenari ke tempat dengan suhu kamar. Akan lebih baik jika kenari anda ditempatkan di tempat sejuk dan tidak panas (tidak ada cahaya langsung)

3. Jauhkan Dari Burung Lain

Apbila burung kenari didekatkan dengan burung lain yang lebih besar dan petarung maka kenari anda akan stres. Cara mengatasi burung kenari stres karena hal tersebut maka jauhkan burung kenari anda dengan burung lain tersebut. Selain itu, anda perlu menciptakan suasana yang tenang.

4. Jauhkan Dari Pemangsa

Apabila burung kenari stres karena ada hewan lain atau predator, maka pindahkan kenari anda. Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih aman dan juga jauh dari jangkauan hewan lain ataupun hewan predator.

5. Kawinkan

Burung kenari hiperaktif dan sulit dikenadalikan kemungkinan besar karena over birahi. Anda dapat mengatasinya dengan mengawinkan burung kenari anda.

6. Beri makan

Burung kenari bisa saja stres karena kelaparan. Jika demikian, anda bisa mengatasinya dengan memberinya makan dan minum yang cukup. Setelah itu, pastikan kenari anda tidak kelaparan lagi.

7. Celupkan Kepala Ke Air

Selain itu faktor bawaan dari sifatnya juga dapat membuat kenari anda stres. Cara mengatasinya adalah dengan mencelupkan kepalanya ke dalam air selama satu detik. Cara ini terbilang cukup sadis. Namun, dengan cara tersebut akan dapat menyebabkan efek jera bagi burung kenari anda.

8. Kerodong Sangkar

Apabila burung anda stres karena sifat bawaan atau karena hal yang tidak diketahui, anda dapat melakukan kerodong sangkar.

9. Tempatkan Pada Wadah Yang Nyaman Jika Dibawa Pergi

Apabila burung hendak dibawa bepergian maka sebaiknya burung diberikan obat stres 2-3 hari sebelum dibawa pergi. Selain itu upayakan burung mendapat udara segar terutama saat perjalanan jarak jauh dan jauhkan dari panas (misalnya mesin mobil). Hal lain yang perlu diperhatikan saat bepergian adalah wadah untuk membawa. Jangan sampai anda menempatkan di tempat yang terlalu kecil atau menempatkan beberapa burung dalam satu wadah.

10. Bersihkan Sangkar

Sangkar yang kotor dapat menyebabkan burung kenari anda mengalami stres. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan sangkar dan juga menjemurnya agar terbebas dari parasit. Dengan begitu, burung kesayangan anda akan merasa nyaman dan terhindar dari stres.

Baca Juga: Cara Agar Burung Kenari Bersuara Panjang dan Lantang

Itu dia tips tentang pengetahuan bagaimana cara mengatasi kenari stres yang aman dan benar. Pemberian setingan kenari harian bisa dilakukan setelah burung sudah sembuh, tepatnya 1 atau 2 hari setelah burung sembuh total agar nantinya sakitnya tidak naik lagi. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
loading...
Hwamei Macet Bunyi, Wambi Macet Bunyi

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Hwamei Macet Bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi, Kenari Sakit Masalah Kenari, Penyakit Kenari, kenari yokser

28 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi