Merawat Kenari Mabung, Kenari Mabung, Kenari Mbodol

21 Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas

Kenari Mabung – Burung kenari adalah salah satu burung yang memiliki suara indah dan mudah dibudidayakan. Hal ini tentu menjadikan para peminat burung kenari semakin hari semakin bertambah. Namun bagi Anda pecinta burung kenari, maka sudah tidak asing lagi dong sama yang namanya mabung. Namun apakah anda mengetahui bagaimana cara merawat kenari mabung?

Merawat Kenari Mabung, Kenari Mabung, Kenari Mbodol

Hampir dari semua kicaumania pasti sudah melawati fase dimana burung terlihat seperti merontokkan bulunya yang sering disebut mabung atau bahasa keren nya molting. Ini adalah saat dimana semua burung dan tepatnya kenari akan merasa tidak punya “jati diri” karena terlihat sekali mereka tidak bergairah bergerak dan jarang bunyi.

Pergantian bulu yang lama ke pergantian bulu yang baru ini terjadi secara periodik. Nah, tentu juga hal ini menjadikan banyak kenari mania bingung merawatnya, apalagi bagi kenari mania yang masih pemula. Untuk itu, alangkah baiknya Anda mengetahui cara merawat kenari mabung agar cepat selesai sehingga burung kenari bisa berkicau dengan indah lagi. Tentu anda juga harus tahu cara perawatannya dengan mudah agar burung mabung mendapatkan perhatian yang baik sesuai dengan kondisinya.

Berapa Lama Proses Kenari Mabung?

Proses mabung pada burung kenari sendiri berbeda-beda. Biasanya burung kenari akan mabung selama kurang lebih 1 bulan atau bahkan terkadang hingga 3 bulan. Namun anda tak perlu khawatir, karena ini adalah proses alami. Lama mabung burung kenari pun juga berbeda-beda. Semua tergantung dari jenis perawatan yang dilakukan oleh sang pemiliknya.

Nah, anda tak perlu khawatir jika kenari sedang mabung. Dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup pada pakan kenari, maka proses mabung akan selesai. Anda perlu juga memahami cara perawatan kenari mabung yang baik dan benar, terlebih untuk kenari muda yang masih mengalami mabung untuk pertama kalinya. Perawatan yang sembarangan bisa menjadikan burung kenari semakin drop atau bahkan tidak akan berkicau sama sekali.

Ciri-Ciri Kenari Mabung :

Adapun ciri-ciri burung kenari saat mabung adalah sebagai berikut:

  1. Burung kenari yang mabung tanda-tandanya adalah malas bunyi dan lebih banyak diam. Jika peternak kenari jeli, proses mabung ini adalah momen dimana kenari me-reset suara masteringnya ke suara aslinya. Disini adalah kesempatan peternak untuk mencoba mastering lagi dengan suara yang lebih baik agar bunyinya bisa lebih berkualitas.
  2. Burung kenari mabung tentu ciri-cirinya terlihat sangat jelas, yaitu bulu-bulunya banyak yang rontok. Bulu-bulu pada proses mabung pertama biasanya adalah masa pergantian bulu dari bulu kecil menjadi bulu dewasa sebagai proses pendewasaan kenari.

Faktor Kenari Mabung :

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi mabungnya burung kenari antara lain sebagai berikut:

  1. Faktor umur sangat berpengaruh pada proses mabung. Burung kenari yang mabung ketika umurnya masih muda prosesnya lebih lama dari kenari dewasa. Mabung sendiri bisa juga digunakan sebagai acuan kalau si kenari sudah mulai beranjak dewasa dan lebih siap kawin.
  2. Faktor alam seperti kondisi lingkungan seperti, suhu dan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi terjadinya mabung pada burung kenari. Bahkan tidak hanya menyebabkan mabung, faktor cuaca dan suhu lingkungan juga ikut andil dalam proses ganti kulit burung kenari.
  3. Kenari mabung juga terjadi karena faktor musiman. Faktor ini umumnya terjadi secara bersamaan pada semua burung dalam satu rumah. Seperti halnya wabah, bukan tidak mungkin proses mabung kenari terjadi bersama-sama sehingga para peternak harus selalu siap menghadapi wabah ini.
  4. Kenari mabung juga terjadi karena faktor hormon (birahi) yang mulai tidak stabil yang terjadi dalam siklus perkembangbiakan. Pada saat inilah burung kenari bisa saja dipengaruhi oleh hasrat kenari yang ingin kawin atau siap berkembang biak.

Dalam kondisi seperti di atas, Anda jangan khawatir, agar dalam proses ini kenari bisa mabung dengan baik dan sempurna maka harus dilakukan perawatan yang tepat. Bagaimana cara merawat kenari mabung dengan mudah? berikut beberapa cara yang tepat untuk merawat burung kenari yang sedang mabung:

Cara Merawat Kenari Mabung :

  1. Kenari mabung mengalami penurunan protein sebanyak 20% dalam tubuhnya, maka dari itu sebagai penggantinya adalah dengan memberikan nutrisi sebagai pemenuh kebutuhan protein yaitu berikan makanan yang mengandung banyak protein, kalsium, yodium, dan mineral.
  2. Namun kadar protein jangan melebihi 30%, karena pada saat kadar protein terlalu tinggi akan membuat kenari malah sering bunyi dan birahi. Hal ini tidak bagus karena pada saat mabung, kenari tidak di anjurkan untuk berbunyi.
  3. Untuk mendapatkan pakan tersebut, anda bisa membelinya pada penjual pakan burung yang tentunya menyediakan pakan kenari bernutrisi tinggi untuk kenari mabung.
  4. Burung kenari ketika mabung harus dipastikan bebas dari virus pembawa penyakit. Untuk mengeceknya, Anda bisa bawa kenari ke dokter hewan terdekat.
  5. Sebaiknya bersihkan burung kenari dari gangguan parasit seperti kutu, mikroba, dan cacing.
  6. Angin-angin kan kenari ditempat yang tidak langsung menerima cahaya matahari. Hal ini harus Anda lakukan karena saat mabung, kenari tidak membuhtukan asupan cahaya matahari bagi tubuhnya.
  7. Jangan mandikan kenari saat mabung, karena hal ini malah menghambat proses perontokan. Jadi mandikan kenari Anda saat mereka memulai proses penumbuhan bulu baru, bukan pada saat mereka merontokan bulunya.
  8. Tempatkan burung kenari yang sedang mabung di tempat yang relatif sepi. Hal ini bertujuan untuk menghindari stress dan drop berlebih yang akan dialami oleh burung kenari.
  9. Berikan tudung atau kerudung pada sangkar burung kenari mabung. Hal ini bertujuan agar suhu kandang burung kenari tersebut stabil. Dengan demikian, maka kenari akan lebih cepat dalam menyelesaikan proses mabungnya sehingga ia juga cepat merontokkan bulu-bulunya. Namun sesekali bukalah tudung pada sangkar agar kenari mendapatkan udara segar.
  10. Berikan tambahan asupan makanan berupa sayur-sayuran atau buah-buahan seperti sawi hijau, selada, sawi putih, timun, dan lain sebagainya.
  11. Berikan juga kroto atau telur puyuh pada burung kenari mabung setidaknya sebanyak 3 kali dalam seminggu.
  12. Perawatan kenari mabung yang terakhir adalah jangan lupa untuk memandikan burung kenari dengan menggunakan campuran air shampo.
  13. Contohnya merk jati jajar supaya kuman maupun kutu-kutu bisa hilang. Dan kemudian produk ini juga mengandung aloevera yang bisa bermanfaat menghaluskan dan juga menyuburkan bulu kenari.

Makanan Tambahan Untuk Kenari Mabung

Tambahan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus untuk burung kenari antara lain sebagai berikut:

  1. Telur yang telah direbus.
  2. Sayur-sayuran hijau dan segar, seperti: sawi, selada, timun, brokoli.
  3. Biji-bijian segar seperti: kecambah.
  4. Berikan kulit tiram, karena kulit tiram mengandung kalsium yang penting untuk kenari saat mabung.
  5. Tulang sotong, ini juga mengandung kalsium dan mineral yang sangat baik buat kenari mabung.
  6. Buah-buahan segar seperti: pepaya, pisang, apel, dll.
    Tambahkan multivitamin OrBird yang sangat efektif untuk membantu mempercepat dan melancarkan proses mabung.
  7. Canary seed atau Biji kenari tetap menjadi pakan utama. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun tetap upayakan agar kenari mendapatkan asupan pakan yang lebih baik tersebut.

Dalam merawat kenari mabung, hal yang harus di hindari yaitu jangan melakukan full krodong secara berkelanjutan, jangan menjemur terlalu lama, jangan memandikan dan jangan biarkan burung terus berkicau. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
loading...
Kaki Kenari Berjamur

21 Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Berjamur Paling Manjur

Kenari Ciak Bulu, Kenari Cabut Bulu, Kenari, penyakit kenari, Masalah kenari

15 Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Ciak Bulu