Melatih Mental Kolibri Ninja

10 Cara Melatih Mental Kolibri Ninja di Rumah dan Perlombaan

Cara mudah melatih mental kolibri ninja di rumah dan arena lomba. Burung kolibri saat ini sudah banyak dikembangbiakkan, hal ini dikarenakan semakin meningkatnya pecinta maupun kolektor yang memelihara burung mungil yang satu ini. Sebagai salah satu burung kicau, kolibri ninja terkenal dengan suaranya yang kuat, melengking dan jernih.

Melatih Mental Kolibri Ninja

Meskipun pada habitat aslinya burung kolibri ninja atau konin merupakan burung yang fighter, lincah dan aktif, namun seringkali kita melihat burung ini hanya diam, ngobra dan tidak mau berkicau. Penyebab dari semua itu biasanya mental burung nggembos atau demam panggung saat dilombakan. Tips kali ini kita akan membahas mengenai cara melatih mental kolibri ninja di rumah maupun di arena lomba.

Cara Melatih Mental Kolibri Ninja :

1. Menaikkan Birahi

Meningkatkan birahi merupakan salah satu cara melatih mental kolibri ninja. Saat birahi kolibri stabil, maka daya tempur atau sifat fighternya akan meningkat. Namun kebalikannya jika birahi burung belum memuncak akan berpengaruh pada kondisi mentalnya. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan birahi dari burung kolibri sebelum perlombaan diantaranya

a. Memberikan Madu Beberapa Hari Sebelum Lomba

Madu memiliki efek panas yang mampu meningkatkan birahi dari burung kolibri ninja. Berikanlah madu beberapa hari secara berturut turut sebelum burung siap untuk dilombakan. Namun jangan jadikan madu sebagai menu makanan burung setiap hari karena efek panasnya akan berdampak buruk terutama pada bulu dari burung tersebut.

b. Pemberian Air Gula Manis Sebelum Dilombakan

Sebelum dibawa ke arena lomba atau ditrek di rumah, sebaiknya kolibri ninja diberi minuman dari air gula untuk mendongkrak birahinya. Semakin manis air gula yang diberikan maka birahi dari burung tersebut semakin meningkat.

c. Penempelan dengan Kolibri Betina

Ini  merupakan cara yang paling ampuh dan alamiah dalam membantu meningkatkan birahi dari burung kolibri. Dengan mendekatkan burung kolibri jantan dengan betina, maka secara naluri burung tersebut akan merayu betina dengan gaya dan suara yang khas. Secara psikologis cara penempelan dengan kolibri betina akan meningkatkan birahi dan mental dari kolibri jantan.

2. Penjemuran

Penjemuran wajib dilakukan setiap hari. Jemurlah burung kolibri setiap pagi sekitar pukul 07.00 hingga pukul 09.00, dan sore hari pada pukul 15.00 hingga pukul 16.00. hangatnya sinar matahari langsung dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan mental burung.

Meskipun penjemuran sangat baik untuk burung, namun penjemuran yang berlebihan dengan meletakan sangkar terlalu lama di bawah sinar matahari tidak dianjurkan, sebab burung kolibri tidak tahan dengan sinar matahari yang terlalu lama.

3. Pengerodongan

Pengerodongan berfungsi untuk membatasi pandangan burung dari lingkungan diluar sangkar. Dengan melakukan pengerodongan mampu mencegah kolibri mengalami stress yang akan merusak mentalnya.

Dengan adanya kerodong mampu meredam emosi kolibri di lokasi lomba sebelum masuk arena perlombaan. Karena dengan adanya kerodong, akan membentuk mental kolibri ninja semakin kuat karena tingkat emosi dan birahinya menjadi stabil. Pengerodongan juga berfungsi agar burung kolibri ninja dapat beristirahat dengan baik saat malam hari, sehingga pada esoknya ia lebih fit dan fresh.

4. Pemberian Kroto dan Extra Fooding Lainnya

Pemberian extra fooding pada kolibri merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama untuk membentuk mental dari burung tersebut. Karena indikasi bagus tidaknya mental dari burung kolibri bisa terlihat dari lahap tidaknya melahap kroto yang diberikan. Pemberian kroto sangat bagus karena mampu mendongkrak stamina dan mental dari kolibri.

Selain kroto, ada extra fooding lainnya yang bisa diberikan kepada kolibri agar mentalnya meningkat.makanan tersebut diantaranya , ulat hongkong, laba-laba kecil dan suplemen.

5. Dibawa Ke Arena Lomba

Untuk burung kolibri ninja yang minim pengalaman lomba biasanya memiliki mental yang kurang. Untuk melatih mental kolibri ninja tersebut bisa dilakukan dengan membawanya jalan jalan ke arena lomba agar bisa beradptasi dengan keramaian dari suara kolibri lain yang bertarung.

6. Tidak Memandikan Burung Beberapa Hari

Memandikan burung merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan, namun mandi juga berdampak pada menurunya birahi dari burung yang secara tidak langsung akan menurunkan mental burung tersebut.

Untuk itu sebelum dilombakan sebaiknya burung jangan dimandikan selama beberapa hari. Sebagai penggantinya anda bisa menyiapkan air bersih dalam wadah untuk membersihkan burung kolibri ninja dengan sendirinya.

7. Mastering Burung

Cara melatih mental kolibri ninja yang terakhir adalah mastering. Mastering bertujuan agar kolibri menirukan suara dari masternya. Selain itu dengan mastering mampu memberikan efek rileks dan membangun mental burung kolibri yang dimaster.

Dulu proses mastering memerlukan burung yang memiliki kualitas suara yang baik sebagai burung master.  Namun karena mahalnya harga dan biaya perawatan burung master, saat ini banyak yang melakukan mastering dengan memanfaatkan teknologi. Mastering bisa dilakukan dengan memutar musik player atau MP3 suara burung yang banyak tersedia di internet.

Mastering kolibri ninja sebaiknya dilakukan saat pengerodongan pada malam hari dan sesaat sesudah pengembunan dan penjemuran.

Baca Juga: 18 Cara Merawat Kolibri Ninja Sebelum dan Sesudah Lomba

Itulah beberapa tips mengenai cara melatih mental kolibri sebelum perlombaan. Semoga tips tersebut bisa diterapkan dan kolibri ninja anda mempunyai mental yang bagus untuk bertarung dalam perlombaan atau ketika ditrek di rumah. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan kolibri ninja lainnya.

Loading...
loading...
Kolibri Ninja Anakan, memilih Kolibri Ninja Anakan, Merawat Kolibri Ninja Anakan

18 Cara Memilih dan Merawat Kolibri Ninja Anakan

Cara Membedakan Kolibri Ninja Jantan dan Betina Dewasa

21 Cara Membedakan Kolibri Ninja Janan dan Betina Paling Akurat