Lovebird Gestang

14 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

Lovebird Gesek Tangkringan – Gestang atau kepanjangan dari gesek tangkringan merupakan kebiasaan aneh dari si lovebird. Lovebird gesek tangkringan bisa saja terjadi ketika usia paud atau anakan. Untuk sebagian orang mungkin mengira ini adalah kelainan dari si burung akibat stress atau sakit, namun pada umunya burung yang melakukan hal seperti ini hanya ingin kawin karena telah mencapai puncak masa reproduksinya.

Lovebird Gestang

Jadi seorang lovebirdmania yang baik itu harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi lovebird gesek tangkringan agar berhenti melakukan hal itu karena jika berlanjut. Tentunya tak baik untuk kesehatan burung dan terlihat aneh dilihat. Untuk penyebabnya sendiri, sudah disebut tadi bahwa penyebab utamanya adalah keinginan untuk kawin namun tak kesampaian sehingga mengeksekusi si tangkringan.

Penyebab Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang) :

Penyebab Lovebird Gestang, Lovebird Gesek Tangkringan, Lovebird Gestang

1. Over Birahi

2. Kandungan protein pada makanannya terlalu tinggi.

3. Stress.

4. Burung Sakit.

5. Pemberian extra fooding yang tidak terkontrol.

6. Waktu penjemuran terlalu lama.

Gestang bisa terjadi karena overbirahi pada lovebird karena ingin kawin. Ciri-cirinya adalah lovebird akan menggosokkan bagian bawahnya ke tangkringan. Tak jarang, burung juga akan sering mengepakkan sayap yang biasa disebut dengan mesawat karena mengepakkan sayap dengan lebar seperti sayap pesawat.

Untuk lovebird jantan khusus ternak, gesteng menandakan hal yang baik karena sudah siap dijodohkan dengan lovebird betina yang sedang subur. Namun lain cerita jika lovebird lomba atau harian yang terkena gesteng karena tak baik untuk lomba itu sendiri atau kesehatannya akibat overbirahi. Namun ketika hal tersebut terjadi banyak sakali orang yang belum paham cara menurunkan birahi lovebird.

Untuk mengatasi masalah gestang pada burung lovebird maka berikut ini adalah beberapa trik bagaimana cara mengatasi lovebird gesek tangkringan yang baik dan benar.

Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan:

Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

1. Lepaskan Tangkringan dalam Sangkar

Jika lovebird Anda sedang asik-asiknya gesek tangkringan, maka tangkringannya boleh di ambil dan dijauhkan dari si burung lovebird. Jika tak ada tangkringan, maka otomatis lovebird akan berhenti gestang. Hal ini tak akan berpengaruh pada keinginan burung yang malah tambah kuat jika tak ada alat pelampiasan. Jika dirasa birahinya sudah stabil lagi dan terlihat sudah bertaubat, letakkan tangkringan kembali pada tempatnya dan rawat dia dengan baik. Saat sedang tangkringan dilepas, burung akan tidur di alas sangkar atau jeruji namun tidak apa-apa karena tak memakan waktu lama.

2. Jangan Beri EF

EF memiliki manfaat tidak hanya membantu dalam memenuhi asupan protein dan gizi lainnya, namun juga bisa digunakan dalam menambah birahi burung yang bisa bermanfaat untuk perlombaan karena birahi tinggi saat lomba sangat menguntungkan. Namun jika sedang masa gestang, maka hentikanlah pemberian EF karena bisa menambah birahi menjadi lebih tinggi. Bukannya menghentikan gestang, tak memberhentikan pemberian EF bisa mengakibatkan gestangnya lebih kecang dari sebelumnya.

Perlu Anda tahu apa saja makanan EF yang bisa mengakibatkan overbirahi pada si lovebird. Diantaranya adalah kangkung, biji bunga matahari, jagung muda, dan lainnya. Untuk penggantinya, Anda boleh memberikan millet putih sampai birahi burung benar-benar sudah turun dan normal kembali.

3. Berikan Makanan Penurun Birahi Tinggi

EF yang bisa menurunkan birahi juga ada khusus lovebird dan vitamin penurun birahi. EF yang dimaksud adalah daun kemangi dan mentimun dan berikan secara bergantian sampai birahi turun dan normal kembali. Cara ini terbilang ampun untuk lovebird yang sering menggesek tangkringan atau sekedar burung lovebird yang memiliki tingkat birahi tinggi berlebihan.

4. Mandi Malam

Sejak dulu, cara ini memang sangat ampuh dalam menurunkan birahi burung yang sedang meninggi. Tidak hanya lovebird, cara ini bisa diterapkan oleh berbagai jenis burung. Mandi malam adalah proses mandi yang dilakukan pada malam hari di atas jam 7 malam. Hawa dingin bisa membuat birahi burung untuk turun. Hampir sama dengan mandi malam, mandi es juga bisa diterapkan pada pagi hari.

5. Sering Memandikan Burung

Seringlah untuk memandikan burung agar birahinya bisa normal kembali. Untuk frekuensinya sendiri bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari yaitu pagi, siang, sore, atau bahkan ditambah satu yaitu malam. Tidak hanya membantu dalam menurunkan birahi, mandi juga bisa membantu menurunkan stress pada burung dan memperkokoh bulunya.

6. Olahraga

Cobalah untuk membuat burung Anda olahraga di dalam kandang umbaran. Tidak hanya bisa membantu dalam menurunkan birahi burung, olahraga juga bisa meningkatkan stamina burung agar lebih lincah dan bisa memperpanjang ngekeknya. Selain itu, olahraga juga bisa membakar lemak burung dan sangat baik untuk kesehatan burung.

7. Ganti Tangkringan

Ganti gantringan Anda dengan ukurang yang lebih besar. Gunanya agar lovebird tak bisa mengesekkan supitnya lagi ke tangkringan tersebut.

8. Jodohkan dengan Lovebird Betina

Kawinkan burung Anda dengan cara memasukkannya ke dalam kandang koloni dan biarkan ia memilih pasangannya sendiri. Namun jika memang sudah ada pasangannya dan burung Anda Cuma sedikit, maka masukkan dalam satu kandang atau kandang ternak yang lebih besar dan leluasa dalam melakukan proses kawin.

9. Konsisten

Konsisten dalam hal merawat lovebird harian akan membantunya menghilangkan prilaku buruk gesek tangkringan.

Baca Juga: Burung Cacingan : Jenis, Penyebab, Gejala, Mencegah dan Cara Mengobati

Itu dia tips tentang penyebab dan cara mengatasi lovebird gesek tangkringan yang benar. Hal yang penting adalah bagaimana Anda dalam menurunkan birahi tinggi. Jika perlu, langsung saja kawinkan agar semuanya tersalurkan dan berharap tak menggesek tangkringan lagi.

Namun ada satu lovebird konslet yang sering juara ketika ngekek sambil gesek tangkringan. Lovebird konslet tersebut bernama Gendewo. Kita bertemu lagi di pembahasan -pembahasan tentang lovebird lainnya.

loading...
Advertisements
Cacingan Burung, Burung Cacingan, Penyakit Cacing Burung, murai cacingan, Kacer cacingan, Kenari Cacingan, Pleci Cacingan, Ciblek Cacingan, Jalak Cacingan, Lovebird Cacingan, Cendet Cacingan

Burung Cacingan : Jenis, Penyebab, Gejala, Mencegah dan Cara Mengobati

Lovebird Ngekek Sambil Tidur, Lovebird Konslet

7 Cara Membuat dan Mencetak Lovebird Ngekek Sambil Tidur