Membuat Lovebird Nagen

8 Cara Membuat Lovebird Ngekek Nagen di Pangkringan dengan Mudah

Cara mudah membuat lovebird nagen ngekek di pangkringan baik paud atau balibu maupun dewasa. Istilah nagen yaitu kondisi di mana burung sedang berkicau dengan posisi diam di tempat atau tenang pada saat dilombakan maupun ditrek.

Membuat Lovebird Nagen

Lovebird merupakan jenis burung yang sangat disukai oleh banyak orang khususnya para penghobi burung. Kicaumania juga sering mengikutkan lovebird miliknya ke dalam arena lomba karena suara yang dihasilkan benar-benar khas. Namun bukan berarti burung yang bagus akan memiliki perawatan yang lebih mudah. Bahkan untuk beberapa orang, biaya dan perawatannya sangat menyulitkan.

Di samping itu, banyak juga masalah yang di alami oleh para penangkar khususnya lovebird, diantaranya adalah lovebird yang turun ke dasar sangkar  atau tebok dan membuat kegagahannya berkurang. Sebagai seorang penghobi, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat lovebird nagen dan tidak bermain di dasar sangkar.

Lovebird Nagen, Lovebird Konslet, Lovebird Awe We, Lovebird, Gendewo, Lovebird Konslet 500 Juta

Tentunya saat Anda meloloh lovebird dengan hand feeding akan berefek buruk bagi prilaku burung jika tidak dilakukan dengan semestinya. Cara yang salah akan membuat burung malah turun dari tangkringannya dan berjalan di dasar sangkar. Tentu saja kebiasaan ini kurang menguntungkan dalam lomba karena burung yang berada di dasar sangkar cenderung tak mau berkicau.Jadi yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Hal yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah kesehatan burung. Lovebird yang sedang tidak enak badan cenderung memilih untuk tidak bertengker dan turun ke dasar sangkar untuk beristirahat. Jadi pastikan lovebird Anda tetap dalam keadaan fit khususnya di hari lomba. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah trik dan tips cara membuat lovebird nagen yang baik dan benar.

Cara Membuat Lovebird Nagen :

1. Kesehatan Nomor Satu

Tetap perhatikan kesehatan karena burung yang kurang sehat cenderung berada di dasar sangkar. Selain itu, tak memerhatikan kesehatan burung sebelum lomba sangat tidak menggambarkan sosok penangkar yang baik. Untuk menunjang kesehatan lovebird agar tetap maksimal, berikan multivitamin, makanan EF, buah-buahan khususnya jagung, sayuran, voer, mineral, dan lainnya. Kesehatan yang baik tidak hanya dilihat dari apa kita berikan sebagai makanan, namun juga kebersihan kandang dan burung itu sendiri juga sangat perlu diperhatikan.

2. Jangan Dekatkan Lovebird dengan Lovebird yang Sering ke Dasar Sangkar

Ini menyangkut komunikasi dan kebiasaan antara burung Anda dan lovebird lainnya. Lovebird Anda cenderung akan meniru kelakukan dari lovebird lainnya yang suka turun ke dasar sangkar dan bermain-main di sana. Hal ini bisa ditiru dan sebaiknya dijauhkan dari burung-burung seperti itu. Bahkan tidak hanya sesama jenis, burung jenis lain mungkin juga bisa memberikan efek yang tidak baik bagi lovebird milik Anda.

3. Melatih Mental Juara

Jika burung Anda sudah fit namun masih melakukan hal turun ke dasar sangkar, cobalah untuk sesering mungkin mendisiplin burung Anda dan melatih mentalnya. Banyak cara yang bisa Anda terapkan. Diantaranya adalah pelatihan mandi sendiri, pemberian makanan yang sehat, pemasteran ketat, dan lainnya.

Mental yang baik akan memberikan efek yang baik pula untuk si burung. Selain itu, lovebird bermental kuat yang akan diikutkan dalam lomba cenderung untuk selalu nangkring dalam tengkerannya dan mengeluarkan kicauan ngekek panjangnya.

Baca Juga: 6 Cara Melatih Mental Lovebird Harian dan Lomba

4. Pengumbaran Lovebird

Jika burung lovebird Anda sering turun ke dasar sangkar, maka mungkin perlu dilakukan tindakan pengumbaran. Proses ini berguna dalam meningkatkan daya fisik si burung dan bisa membuat lovebird lebih terbiasa untuk bertengker ditempatnya dari pada turun dan terlihat malas di dasar sangkar. Berikan tempat atau wadah yang terisi air penuh dari sisi lain ke sisi ujung agar burung tak bisa turun. Cara ini juga berkaitan dengan poin ke-3 tentang bagaimana cara mendisplin burung.

5. Jangan Memperlombakan Lovebird Sakit

Burung sakit cenderung memilih untuk tetap tinggal di dasar sangkar karena kurangnya tenaga untuk bertengker. Maka dari itu, jangan pernah untuk mengikutkan lovebird dalam perlombaan. Ada banyak kerugian yang akan ada di sisi Anda seperti jelas akan kalah dan kesehatan burung akan semakin parah. Sebelum bertanding, perhatikan kondisi burung baik itu waktu sekarang atau prediksi kedepannya agar tak mengganggu kelangsungan kegiatan kedepannya.

6. Jangan Diperlombakan Saat Masa Mabung

Mabung merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap burung. Masa mabung merupakan proses prontokan bulu lama ke bulu yang baru. Pada fase ini burung akan selalu merasa malas sehingga akan turun ke dasar sangkar. Namun masa mabung juga masa yang ideal untuk pemasteran.

7. Setingan Harian yang Tidak Baik

Untuk pemula, setingan yang buruk bisa berakibat buruk juga untuk si burung. Meski semua makanan dan proses lain seperti pemasteran sudah dilakukan, namun sering kali semua itu masih salah. Seperti misalnya pemberian makanan menggunakan jari Anda dan menuntun burung untuk turun ke dasar sangkar adalah cara yang sangat fatal.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Lovebird Harian Supaya Ngekek Panjang

8. Birahi Lovebird Pas

Lovebird akan ngekek nagen di pangkringan ketika birahinya pas. Birahi yang pas pada lovebird yaitu tidak terlalu tinggi dan rendah. Jika birahi lovebird bisa terkontrol maka akan secara mudah burung tersebut gacor serta ngekek nagen di pangkringan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat dan Mencetak Lovebird Konslet Dalam 1 Minggu

Itu cara bagaimana cara membuat lovebird nagen dan tidak akan turun ke dasar sangkar. Kuncinya adalah jangan biarkan kebiasaan buruk seperti itu tertanam dalam pikiran si burung. Pola perawantan harian yang baik akan membuat lovebird ngekek nagen di pangkringan, serta tidak kebanyakan alasan saat digantang.

Loading...
loading...
Lovebird Konslet,Lovebird Konslet Gendewo, Lovebird Konslet Viola, Lovebird Konslet Mbah Marijan, Lovebird Konslet 500 Juta, Lovebird Konslet Juara nasional, Lovebird Konslet Hokky Chan

6 Cara Membuat dan Mencetak Lovebird Konslet Dalam 1 Minggu

Harga Burung Cipoh / Sirtu / Sirdung Terbaru Januari-Februari 2018