Menurunkan Birahi Lovebird, Lovebird Turun Birahi

15 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dalam 1 Minggu

Cara menurunkan birahi lovebird jantan, betina atau paud dengan mudah dan cepat. Lovebird adalah burung unggulan yang sering diturunkan dalam lomba karena memiliki suara yang unik dan ngekek panjang. Sebagai seorang perawat yang mengikutkan si lovebird dalam lomba tentu sudah mengikuti beberapa tahap diantaranya adalah penjinakkan, perawatan, dan lainnya. Semuanya memerlukan kesabaran sampai biaya untuk menghasilkan burung yang bagus.

Menurunkan Birahi Lovebird, Lovebird Turun Birahi, Menurunkan Birahi Lovebird Anakan, Menurunkan Birahi Lovebird Paud, Menurunkan Birahi Lovebird Dewasa, Menurunkan Birahi Lovebird Jantan,Menurunkan Birahi Lovebird betina

Namun dalam perawatan tersebut, ada juga beberapa hal yang harus Anda tidak lakukan karena akibatnya akan sangat buruk, salah satunya adalah overbirahi yang tidak baik untuk burung apalagi jika si lovebird diikutkan dalam suatu lomba di mana dia sedang memiliki birahi tinggi berlebihan saat itu. Karena itulah Anda harus tahu bagaimana cara menurunkan birahi lovebird yang baik dan benar.

Ada banyak metode yang bisa Anda terapkan dalam menurunkan birahi lovebird, hal yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara mengkontrol segala yang masuk dalam tubuh lovebird. Bukan berarti makanan dan minumnya saja yang harus kita jaga, namun segala proses yang menyangkut lovebird itu sendiri seperti proses mandi, penjemuran, sampai pembersihkan kandang karena meski frekuensinya sedikit, tapi tetap berpengaruh bagi birahi si lovebird.

Cara yang tepat adalah memulai dari luar. Pembersihkan sangkar lovebird harus Anda lakukan kalau bisa dilakukan setiap hari agar suasana hati dan mental si burung tetap terjaga. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah trik dalam menurunkan birahi lovebird yang benar dan tepat.

Menurunkan Birahi Lovebird:

1. Proses Mandi yang Lebih Sering

Di masa normal di mana birahi burung sedang tinggi atau over (Di luar masa mabung) sangat dianjurkan untuk dimandikan sesering mungkin. Mandikan setiap pagi dan sore, atau bahkan bisa lebih jika dilihat diperlukan. Selain pagi sore, Anda juga bisa menerapkan metode mandi lainnya seperti dimandikan pada saat siang dan malam. Hal ini berguna bagi burung yang memiliki birahi yang tinggi karena mandi akan merefresh pikiran burung dan tak berbebani dengan stress.

2. Mandi Es

Mandi memang cukup ampuh dalam mengontrol birahi untuk si lovebird. Mandi es atau proses mandi menggunakan air dingin langsung dari kulkas menjadi metode yang cukup ampuh. Cara ini bisa diterapkan pada pagi hari asalkan matahari sudah terlihat terbit. Jika belum, disarankan untuk tidak dimandikan karena bisa membuat burung mengigil terlalu lama.

3. Kandang Umbaran

Memberikan kandang umbaran juga menjadi salah satu metode yang paling ampuh dalam bagaimana cara menurunkan birahi lovebird yang sedang tinggi. Trik ini bisa Anda terapkan dengan mudah dan lihat hasilnya. Gunanya adalah membantu dalam memperpanjang nafas kandang. Selain itu, metode ini juga bisa berfungsi dalam menurunkan lemak dalam tubuh burung.

4. Pemberian Milet

Jika burung Anda sedang mengalami birahi tinggi atau lebih dikenal dengan overbirahi, maka saran utama dalam pemberian milet adalah milet putih karena bisa membantu dalam menurunkan birahi lovebird yang over.

5. Jangan Beri Jagung dan Kangkung

Bagi lovebird, kedua jenis makanan EF ini memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bisa membuat overbirahi jika dikonsumsi sangat banyak. Maka dari itu, pemberian jagung dan kangkung sebaiknya diberhentikan terlebih dahulu sampai birahi burung stabil kembali. Selain itu, makanan EF lainnya yang mengandung nutrisi seperti protein juga sebaiknya dikurangi atau bahkan tidak diberikan sama sekali. Intinya adalah batasi pemberian makanan yang bisa mengundang birahi tinggi.

6. Proses Penjemuran yang Singkat

Proses penjemuran yang normal adalah 1 sampai 2 jam sebelum pukul 11 siang. Maka yang pas untuk burung overbirahi adalah 10 sampai 15 menit saja, yang penting bulu tetap sehat dan para kutu rontok semua. Penjemuran yang terlalu lama bisa meningkatkan birahi burung maka batasilah penjemuran itu.

7. Pengkrodongan

Proses ini biasanya dilakukan pada siang hari saat burung sedang istirahat atau kah yang lainnya. Namun sebaiknya Anda tak perlu melakukan full krodong jika di siang hari, cukup pada waktu malam saat lovebird sedang istirahat maka Anda boleh melakukan full krodong.

8. Proses Pengembunan

Saat burung sedang mengalami birahi yang tinggi maka setidaknya embun-embunkan burung mulai dari jam 4 pagi. Hal ini agar burung lebih fresh dan rasa dingin sejuk yang bisa membantu menurunkan birahi tinggi.

9. Pemberian Pasangan Tanpa Glodok

Trik ini bisa dilakukan untuk lovebird yang memiliki birahi yang tinggi. Tempatkan pasangan lovebird di satu sangkar tanpa glodok atau bisa tanpa pasangan namun dengan glodok saja.

Baca Juga: 6 Cara Membuat dan Mencetak Lovebird Konslet Dalam 1 Minggu

Menurunkan Birahi Lovebird Lainnya :

1. Beri pakan berupa mentimun
2. Beri pakan gabah bangkok
3. Mandikan pada malam hari
4. Cabut pakannya pada malam hari
5. Isolasi, karantina atau letakkan pada tempat sendiri.
6. Sabar dan konsisten

Itu dia tips bagaimana cara menurunkan birahi lovebird dengan mudah. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan dan dikuasai oleh para penangkar burung baik itu masih pemula atau ahli. Karena birahi tinggi bagus untuk perlombaan, tapi jika overbirahi maka akan berakibat buruk.

loading...
Advertisements
Menjinakkan Hwamei, Wambi Jinak, Hwamei Jinak

6 Cara Menjinakkan Hwamei Liar dengan Mudah Dalam 1 Minggu

Lovebird Nyilet

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Nyilet dengan Mudah