Hwamei Macet Bunyi, Wambi Macet Bunyi

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Hwamei Macet Bunyi

Macet bunyi pasti pernah di alami oleh semua burung, termasuk juga Whamei atau wambi. Hwamei adalah burung yang mempunyai sifat teritorial dan sangat agresif. Burung wambi juga dikenal cerdas dalam meniru beragam suara burung jenis lain. Suara kicauan yang nyaring dan bervariasi adalah salah satu dari kekhasan burung hwamei. Banyak yang ingin memiliki burung hwamei karena suara yang merdu dan indah.

Hwamei Macet Bunyi, Wambi Macet Bunyi

Namun ada satu masalah yang seringkali ditemui para penggemar burung hwamei. Masalah tersebut adalah macet bunyi atau tidak mau bunyi. Jangan khawatir pastinya faktor penyebab yang menyebabkan burung tersebut macet bunyi. Berikut ini beberapa penyebab wambi atau hwa-mei malas bunyi.

Penyebab Hwamei Macet Bunyi :

  1. Mengalami Stress.
  2. Malas.
  3. Mengalami Kebosannan.
  4. Birahi Kurang.
  5. Over Birahi.
  6. Sedang Sakit.
  7. Sedang Mabung.
  8. Habis Makan Serangga Beracun.
  9. Habis Memakan Makanan Basi.
  10. Drop Mental Menginjak Usia Dewasa.
  11. Kurang Perawatan.
  12. Burung Masih Baru / Bakalan / Bahan.

Anda tidak perlu khawatir jika burung hwamei kesayangan anda macet bunyi. Inilah beberapa cara mengatasi hwamei macet bunyi atau tidak mau bunyi yang dapat anda terapkan.

Cara Mengatasi Hwamei Macet Bunyi :

1. Memberikan Pakan Yang Tepat / Sesuai

Anda harus tahu dulu bahwa karakter burung hwamei pada umumnya ialah aktif dan agresif. Dengan demikian dia membutuhkan sumber makanan yang mengandung protein tinggi. Selain itu anda juga bisa membuat sendiri racikan makanan untuk mengatasi burung hwamei yang macet bunyi. Berikut resepnya.

Bahan :

  • 1/2 kg voer tinggi protein (misalnya voer ayam).
  • 3 butir telur ayam rebus, cukup diambil kuning telurnya saja.

Proses pembuatan:

  • Blender Campuran voer ayam dan kuning telur rebus. Setelah itu keringkan dengan cara di oven atau dengan dijemur.
  • Beri pakan racikan sebagai pengganti voer harian.
  • Tidaklah cukup bila tidak ditambahkan nutrisi lain seperti extra fooding (EF) yang terdiri atas jangkrik, kroto, atau ulat hongkong setiap harinya.

2. Memancing Bunyi Dengan Suara Hwamei Betina

Untuk mengatasi hwamei macet bunyi / tidak mau bunyi anda juga bisa melakukan cara memancing bunyi dengan suara hwamei betina. Hal ini dilakukan supaya burung hwamei kesayangan anda terpancing untuk berbunyi. Biasanya jika burung hwamei jantan sudah didekatkan dengan burung hwamei betina, dia akan terpacu untuk mengeluarkan suara kicauannya. Namun jika anda kesulitan mendapatkan burung hwamei betina, anda bisa juga gunakan video ataupun mp3 suara kicauan burung hwamei betina.

3. Ditempel Dengan Burung Betina

Ini adalah salah satu metode yang dianggap mudah untuk memancing hwamei jantan agar rajin berbunyi.

Berikut ini cara menempelkan hwamei jantan dengan betina :

  • Gantung sangkar hwamei betina dalam jarak yang berjauhan dengan hwamei jantan, sehingga keduanya tidak saling melihat.
  • Jika menggantung sangkar berdampingan, harus dihalangi oleh sekat/penghalang.
  • Ketika burung betina mengeluarkan suara, maka si jantan juga akan menanggapinya dengan kicauan yang lantang dan bervariasi.
  • Malam hari, sangkar jantan dan betina dikerodong (ditutup dengan kain) full, kemudian digantung / disimpan secara berdekatan.

4. Menggantung Sangkar Di Tempat Lebih Tinggi

Anda juga bisa melakukan cara lain untuk mengatasi burung hwamei yang macet bunyi dengan cara menggantungnya di tempat yang lebih tinggi. Anda bisa melakukan hal ini selama beberapa hari. Caranya adalah dengan menggunakan tiang kerekan. Atau mungkin anda mempunyai balkon di atas rumah, bisa juga anda gantang sangkar hwamei di balok rumah anda tersebut.

5. Mengasingkan Hwamei dari Burung Peliharaan Anda Yang Lain

Hal ini bisa anda lakukan jika didapati burung hwamei tidak mau bunyi alias macet bunyi dikarenakan akan atau sedang ngurak / mabung. Walaupun tidak semua burung hwamei yang akan memasuki masa mabung atau ngurak akan menjadi macet bunyi / tidak mau bunyi.

6. Membersihkan Sangkar Burung

Kebersihan sangkar burung hwamei kesayangan anda juga dapat menjadi penyebab kenapa burung hwamei tidak mau bunyi atau macet bunyi. Mengapa demikan? Alasannya ialah karena sangkar burung yang kotor atau jarang dibersihkan akan menumbuhkan bakteri serta virus penyakit yang akan menyerang burung hwamei kesayangan anda. Jika burung hwamei terkena virus atau bakteri tersebut, dia akan sakit, alhasil burung hwamei tersebut macet bunyi. Jika sudah begini satu-satunya cara mengatasi adalah dengan membersihkan sangkar burung hwamei sebersih mungkin.

7. Menggunakan Satu Tenggeran Saja

Cara lainnya yang dapat anda coba untuk mengatasi hwamei macet bunyi / tidak mau bunyi adalah dengan hanya menggunakan satu tenggeran saja. Sebaiknya tenggeran burung hwamei diambil dari bahan kayu asem atau tenggeran pasir. Selain itu pastikan juga bahwa tenggeran tersebut kuat dan kokoh.

8. Ganti Model Sangkar

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun hasilnya masih tetap nihil, anda dapat mencoba cara ini. Cobalah untuk mengganti model sangkar yang anda gunakan untuk memelihara hwamei. Misalnya jika selama ini anda memelihara burung hwamei dalam sangkar yang berbentuk kotak, anda bisa mengganti dengan sangkar yang berbentuk bulat dan sebaliknya. Hal ini dilakukan sambil terus dipantau perkembangannya.

9. Pastikan Burung Sudah Jinak

Jika burung hwamei ternyata masih baru berada di lingkungan manusia, tentu dia belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal itu membuatnya menjadi macet bunyi/tidak mau bunyi. Oleh karena itu pastikanlah burung hwamei peliharaan anda sudah jinak dan sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya yang baru. Jika burung hwamei sudah jinak, dia pasti akan percaya diri untuk mengeluarkan suara kicauannya.

10. Pastikan Hwamei Berkelamin Jantan

Dalam hal ini bukan berarti hwamei betina tidak bisa berkicau. Akan tetapi kicauan hwamei betina hanya suara panggilan (call) untuk memancing hwamei jantan berkicau saja.

11. Menurunkan Birahi / Menaikkan Birahi

Jika burung terlalu over birahi maka akan mengakibatkan malas berbunyi. Pastikan juga burung dalam kondisi birahi pas, maka hwamei tersebut akan gacor. Tinggal anda sendiri menganalisa, jika terlalu tinggi maka ada dapat menurunkan dengan cara menambah porsi mandi, menjodohkan, atau menempelkan dengan betina. Akan tetapi jika birahi terlalu redah maka anda bisa menaikkan dengan bantuan extra fooding.

12. Memberikan Vitamin

Vitamin memang sangat di perlukan oleh semua burung. Selain untuk menambah stamina vitamin juga bermanfaat menghindarkan semua masalah pada burung, yang salah satunya yaitu macet bunyi. Anda dapat memberikan vitamin untuk wambi macet bunyi satu minggu 4 kali. Namun jika sudah sehat dan kembali gacor berikan satu minggu 2 kali saja.

Ingat yang ada berikan berupa vitamin, bukan doping. Karena doping untuk jangka panjang tidak baik bagi burung itu sendiri.

Baca Juga: Harga Burung Wambi / Hwamei Terbaru Januari – Februari 2018

Nah itu tips tentang penyebab dan cara mengatasi hwamei macet bunyi. Jika burung wambi atau hwamei anda mengalami hal-hal di atas anda bisa mengatasinya dengan cara yang sudah dijelaskan. Semoga burung anda segera bisa berbunyi dan kembali gacor seperti semula. Memang kondisi tersebut pasti akan dialami setiap burung. Anda juga dapat membaca cara merawat wambi lainnya.

Loading...
loading...
Cara Menjinakkan Cililin, Cililin Jinak, Cililin Coklat, Cililin Hitam

16 Cara Menjinakkan Cililin Dalam Waktu 1 Minggu

Kenari Stres, Penyakit Kenari, Masalah Kenari, Kenari Merah

25 Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Stres