Menjinakkan Hwamei, Wambi Jinak, Hwamei Jinak

6 Cara Menjinakkan Hwamei Liar dengan Mudah Dalam 1 Minggu

Cara menjinakkan hwamei atau wambi anakan, bakalan, liar maupun ombyokan dengan mudah dalam waktu 1 minggu. Burung hwamei memiliki keuikan tersendiri. Hal ini dapat dibuktikan bahwa burung hwamei jantan bisa menirukan suara burung jenis lain. Tak kalah merdu dengan burung yang lain, burung ini menjadi favorit kicaumania. Yang masih banyak kita temui burung yang memiiki suara merdu, burung hwamei salah satunya.

Menjinakkan Hwamei, Wambi Jinak, Hwamei Jinak

Burung hwamei yang sekarang ini menjadi populer. Sejak kepopulerannya tahun 90.an dimana burung hwamei memiliki suara yang sangat merdu. Oleh karena itu tidak heran juga jika banyak yang tertarik memilikinya. Memang cukup mudah dalam merawat hwamei harian. Namun hal yang paling sulit yaitu ketika menjinakkan hwamei. Nah bagi anda yang belum tahu cara menjinakkannya, maka simak cara-cara di bawah ini.

Cara Menjinakkan Hwamei

1. Gunakan Sangkar Yang Kecil

Menggunakan sangkar yang kecil adalah langkah yang mudah. Dengan sangkar berukuran kecil akan membuat burung hwamei lebih tenang. Bila burung hwamei tenang maka nantinya tidak akan grabagan saat Anda menggantangnya. Dan manfaat sangkar berukuran kecil adalah membuat burung hwamei merasa lebih santai dan tenang.

Sarang kecil lebih baik daripada sarang besar ayng dapat membuat burung hwamei tidak nyaman. Hal ini sangat penting agar terhindar dari rasa ketakutan pada burung hwamei. Tempat tinggal burung hwamei harus dibuat senyaman mungkin agar terhindar dari stress kecemasan. Sangkar yang kecil dianggap efektif untuk cara menjinakkan hwamei.

2. Jangan Mengisolasi Burung

Ada baiknya jika burung hwamei tidak terlalu diisolasi maupun terlalu bebas. Misalnya saja terlalu sering menggantung burung di tempat yang tinggi ataupun sering meletakkan burung di lokasi yang jauh dengan manusia. Batasan-batasan ini harus dihindari mulai sekarang. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk menjinakkan burung hwamei dengan langkah kedua.

Burung hwamei ini memiliki perasaan jika perawat menjauhkan diri kepadanya. Jadi, sebaiknya pengisolasian kepada burung hwamei dihindari sejak dini. Namun, burung hwamei juga jangan diletakkan pada posisi rendah ketika burung hwamei sulit beradaptasi. Hal ini juga disarankan kepada kicaumania untuk berhati-hati dalam meletakkan. Jika salah posisi saja, dapat membuat burung hwamei terluka dan mengalami stress.

3. Meletakkan Sangkar Di Bawah

meletakkan sangkar di bawah ini baik untuk burung hwamei. Seperti halnya degan mengisolasi burung dengan menggantung diatas ketinggian yang jauh dari aktivitas manusia. Jika anda ingin menjinakkan burung hwamei perlu tahap-tahap yang tidak sama dengan burung lain. proses ini akan menjinakkan burung hwamei yang masih giras. Atau sebaiknya setiap beberapa jam sekali, Anda meletakkan sangkar di bawah. Kondisi dimana burung hwamei merasa nyaman dan rileks.

Namun, burung hwamei juga jangan diletakkan terus menerus pada posisi rendah ketika burung hwamei sulit beradaptasi. Hal ini juga disarankan kepada kicaumania untuk berhati-hati dalam meletakkan. Jika salah posisi saja, dapat membuat burung hwamei terluka dan mengalami stress.

4. Sering Mandikan Burung

Sering memandikan burung hwamei adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan bagi burung hwamei. Dengan sering memandikan burung, maka akan terjadi interaksi yang membuat kedekatan antara Anda dan burung hwamei.

Tidak hanya itu, dengan sering memandikan burung hwamei menjadikan semakin nyaman dan percaya kepada Anda. Sangat efektif untuk cara menjinakkan hwamei. Tak lupa setelah memandikan burung diberi pakan, karena setelah memandikan burung langsung kelaparan. Dengan cara ini burung hwamei akan luluh dan semakin jinak dari sebelumnya yang giras dan tidak mau berkicau.

5. Saat Dimandikan Dekatkan Dengan Betina

Hal ini adalah metode untuk burung hwamei jantan agar lebih rileks dan tenang. Karena burung hwamei memiliki sifat yang agresif. Burung hwamei Betina membantu proses adaptasi jauh lebih baik untuk hwamei jantan. Proses dimana yang membantu hwamei jantan lebih jinak kepada perawat. Disisi lain, dapat membantu hwamei jantan untuk mengeluarkan suara merdu. Namun saat dimandikan burung betina harus diletakkan agak berjauhan agar tidak saling mendekat.

6. Membuat Burung Kelaparan

Cara lain dalam penjinakkan burung hwamei adalah membuat kelaparan. Cara ini bukan untuk menyiksa ataupun memberhentikan pemberian makan burung. Namun untuk membuat burung tergantung kepada yang merawatnya.

Jadi saat malam hari ambil wadah pakan dan air minum hingga pagi hari. Dan pada saat bersamaan burung mencari-cari pakan, saat itu pula kita menyodorkan wadah pakan burung dan minum. Alhasil, burung hwamei akan lebih tergantung pada perawat dan tentunya akan semakin jinak. Hal ini dapat dilakukan ketika beberapa jam sekali, agar burung hwamei terbiasa oleh pemberian ini.

Itulah beberapa cara menjinakkan hwamei liar dengan cepat dalam waktu kurang dari 1 minggu. Jika cara diatas dilakukan setiap harinya, maka burung hwamei yang giras akan berubah karakter menjadi lebih jinak dan mau menerima kehadiran manusia tanpa ada rasa takut lagi.

Baca Juga: 10 Cara Memilih Hwamei Bakalan Prospek Juara

Karena ketika burung hwamei sudah bisa beradaptasi dan nyaman dengan lingkungan, pasti burung hwamei akan lebih sering berkicau. Dengan kicauan itu menandakan burung hwamei sudah mau menerima kicaumania dan lebih bersahabat lagi. Dengan begitu, dari perawat maupun burung hwamei terjalin hubungan yang mendalam walaupun hanya seekor burung.

loading...
Advertisements

Harga Burung Cipoh / Sirtu / Sirdung Terbaru Januari-Februari 2018

Menurunkan Birahi Lovebird, Lovebird Turun Birahi

15 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dalam 1 Minggu