Hwamei Mabung, Wambi Mabung

13 Cara Merawat Hwamei Mabung Agar Gacor Kembali

Cara merawat wambi atau whamei mabung agar kembali gacor saat sudah tuntas masa mabungnya. Bagi anda para kicau mania tentu tidak asing lagi dengan kata mabung. Mabung adalah sebutan untuk masa dimana bulu burung akan rontok dan kemudian nantinya akan berganti dengan bulu yang baru. Mabung adalah proses alami yang dialami semua jenis burung. Tak terkecuali dengan burung jenis hwamei. Burung hwamei juga pastinya akan mengalami masa mabung.

Hwamei Mabung, Wambi Mabung

Nah bagi anda para pecinta burung hwamei yang masih awam mungkin sedikit banyak akan panik jika menghadapi burung hwamei yang sedang berada dalam masa mabung. Untuk itu di sini akan disajikan sedikit tips cara merawat hwamei mabung. Pengetahuan ini diharapkan dapat membantu anda para pecinta burung hwamei yang masih kebingungan bagaimana caranya perawatan burung hwamei yang sedang mabung. Ingat perawatan burung mabung berbeda dengan merawat whamei harian.

Cara Merawat Hwamei Mabung :

Sebenarnya cara merawat hwamei mabung tidak terlalu sulit. Seperti halnya burung jenis lain, burung hwamei pun hanya butuh sedikit perhatian khusus pada saat masa mabung. Mungkin tips merawat hwamei mabung di bawah ini bisa sedikit membantu anda.

1. Menambah Porsi Makan

Pada saat masa mabung, burung membutuhkan energi yang lebih banyak daripada kebutuhannya sehari-hari. Oleh karena itu anda harus memberi tambahan pada porsi makanan burung hwamei kesayangan anda.

Porsi makanan yang harus anda tambah adalah porsi pakan yang berupa EF atau extra food. Jika semula porsi extra food yang diberikan adalah 3×3, maka pada saat mabung ubahlah porsi pemberian extra food menjadi 5×5. Pemberian extra food ini juga berguna supaya pertumbuhan bulu baru lebih sempurna.

2. Jangan Memandikan Burung

Pada saat mabung anda jangan sekali-kali memandikan burung hwamei kesayangan anda. Jika anda menjadikannya justru proses mabung burung hwamei kesayangan anda itu akan terhambat. Alhasil buku burung hwamei kesayangan anda tidak akan tumbuh dengan sempurna. Jika sudah terlihat tanda-tanda bakal bulu baru yang tumbuh, anda baru bisa memandikan burung hwamei kesayangan anda. Selain itu semasa mabung anda juga harus mengkondisikan burung dalam keadaan dikerodong.

3. Mengkarantina Burung

Burung hwamei yang sedang mabung perlu dikarantina. Artinya jauhkan burung hwamei kesayangan anda dari burung lain. Hal ini dilakukan supaya burung hwamei kesayangan anda itu tidak merasa terganggu oleh burung lain baik yang sejenis maupun yang berbeda jenis.

4. Lakukan Pemasteran

Pada masa mabung adalah waktu yang baik untuk melakukan pemasteran. Oleh karena itu melakukan pemasteran juga dapat menjadi salah satu tips merawat hwamei mabung. Mengapa masa mabung adalah waktu yang baik untuk pemasteran? Alasannya adalah karena pada masa mabung ini burung hwamei cenderung malas untuk bergerak. Sehingga dia akan lebih cepat menangkap suara pemasteran dan lebih cepat pula untuk merekam suara pemasteran tersebut di otaknya. Nah jika burung hwamei sudah melalui masa mabung anda tinggal menikmati hasil pemasteran yang sudah dilakukan pada saat burung hwamei sedang mabung.

5. Berikan Tambahan Multivitamin

Memberikan tambahan multivitamin juga bisa anda alukan sebagai cara merawat hwamei mabung. Anda bisa memberikan multivitamin tambahan yang berbentuk cairan dan meneteskannya atau mencampurkannya ke dalam air minum burung hwamei kesayangan anda. Unutk mencari multivitamin tambahan yang berupa caian in opun tidak sulit. Anda bisa dapatkan di kios atau toko burung terdekat.

6. Berikan Kroto Segar

Anda juga disarankan untuk memberikan kroto segar kepada burung hwamei yang sedang mabung. Namun prosinya jangan banyak-banyak. Cukup satu sendok makan saja setiap hari satu kali. Selain itu pemberian ulat hongkong juga dapatmenjadi alternatif lain jika anda kesulitan mendapatlkan kroto segar.

7. Berikan Buah Segar

Pemberian buah segar juga bisa anda lakukan sebagai cara merawat hwamei mabung. Namun ingat jangan sampai ada buah yang membusuk di dalam sangkar burung hwamei tersebut. Jika ada buah busuk di dalam sangkar tentu akan menimbulkan virus dan jamur yang akan membuat burung hwamei kesayangan anda sakit bahkan mati. Oleh karena itu anda harus rajin-rajin mengganti buah segar setiap hari.

8. Boleh Dijemur Tapi Jangan Lama-Lama

Apakah burung hwamei yang sedang mabung boleh dijemur? Jika memang cuacanya sedang dingin, anda boleh saja menjemurnya. Namun jangan lama-lama. sekitar 30 menit saja sudah cukup. Dan pada saat dijemur pun tetap harus dalam kondisi dikerodongi.

9. Hindari Pemberian Makanan Tinggi Protein

Anda juga harus perhatikan kadar protein pada saat memberikan makanan pada burung hwamei mabung. Berbeda dengan kondisi biasa, pemberian makanan tinggi protein pada burung yang sedang mabung sebaiknya dihindari.  Jangan berikan makanan yang memiliki kadar protein di atas 30%. Alasannya adalah karena makanan tinggi protein justru akan menghambat proses mabung yang terjadi pada burung tersebut.

10. Meminimalkan Burung Untuk Berkicau

Dan tips merawat hwamei mabung selanjutnya adalah meminimalkan burung untuk berkicau. Burung yang sedang mabung memerlukan banyak energi. Jika anda tetap memaksakan burung tersebut untuk berkicau, itu akan menguras banyak tenaganya sehingga proses mabung akan terhambat bahkan gagal.

11. Jangan Terus Menerus Dikrodong

Burung wha mei yang berada dalam fase mabung memang baik untuk di krodong supaya mempercepat proses masa mabungnya. Namun mengkrodong whamei secara terus menerus salat dalam kondisi sedang mabung tidaklah baik.

 

Mengapa tidak dianjurkan untuk mengkrodong secara terus menerus? Karena tidak ada pergantian udara yang bagus, selain itu burung yang dikrodong scara terus menerus bisa mengakibatkan stres. Jadi intinya boleh mengkrodong wambi pada saat mabung, tapi juga harus memperhatikan kesehatannya.

12. Menjaga Kebersihan Sangkar

Menjaga kebersian pada sangkar burung hwa-mei saat mabung memang wajib di perlukan. Walau pun banyak mitos kicau mania yang mengatakan bahwa jika bulu berjatuah dan kotoran burung tersebut di bersihkan maka akan menghambat proses mabungnya. Hal tersebut merupakan pemikiran yang salah. Karena jika sangkar tidak bersih maka dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Selain itu efek parahnya dapat menyebabkan burung wambi mati.

13. Sering Mengontrol Pakan dan Minuman

Banyak sekali kicau mania sering melalaikan hal ini, mereka sering lupa untuk mengontrol pakan dan minuman burung wambi ketika memasuki masa mabung. Selain itu banyak sekali jenis makanan wambi untuk mempercepat proses mabung tersebut.

Ingat burung mabung membutuhkan banyak sekali asupan makanan dan multivitamin pada minumannya. Maka jika anda tidak sempat mengontrol sehari sekali, usahakan untuk cek pakan dua hari sekali. Agar sang burung tetap dalam kondisi sehat karena terjaga pola makan. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan cepuk pakan dan minumannya.

Baca Juga: Cara Memilih Hwamei Bakalan Prospek Juara

Nah itulah bebapa pengetahuan dan cara merawat hwamei mabung dengan baik. Rawatlah burung wambi mabung seperti perawatan hariannya. Konsiten dalam burung mabung maka akan mudah rajin bunyi kembali ketika sudah tuntas masa mabungnya. Anda juga dapat membaca cara merawat hwamei lainnya.

Loading...
loading...
Cucak Ijo Sulit Ngentrok Jambul

16 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Ngentrok Jambul

Merawat Cucak Ijo Anakan, Merawat Cucak Ijo Trotolan

5 Merawat Cucak Ijo Anakan Agar Tidak Mati dan Gacor