Connect with us

Prenjak

17 Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Betina Beserta Gambar

Bagaimana cara membedakan prenjak jantan dan betina ketika sudah dewasa atau anakan? Burung prenjak merupakan burung asli khas Indonesia yang memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia. Bagi pecinta burung, burung perenjak merupakan salah satu burung hias yang paling disukai oleh pecinta burung di Indonesia.

Meski pun suara burung prenjak tidak seindah seperti burung-burung yang lainnya. Tapi suaranya yang nyaring dan bervariasi membuat burung ini menjadi primadona baru bagi pecinta burung di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan harga burung ini yang semakin melonjak naik. Dari yang awalnya hanya puluhan ribu, kini harga burung prenjak bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Tapi bagi Anda pecinta burung prenjak ini, sudah tahu cara membedakan prenjak jantan dan betina?

Prenjak Jantan, Prenjak Betina, Penjak Kepala Merah Jantan, Prenjak Kepala Merah Betina, Perbedaan Prenjak, Cara Membedakan Prenjak Jantan dan Prenjak Betina, prenjak Kebun

Karena biasanya burung yang memiliki sifat fighter ini hanya burung prenjak jantan saja. Prenjak yang berkelamin jantan memiliki suara nyaring dan merdu dibandingkan dengan burung prenjak betina. Dengan kemampunyannya tersebut burung ini sering dijadikan sebagai masteran dan dijadikan aduan untuk mengetahui burung mana yang memiliki suara paling merdu. Burung yang sering memenangkan kejuaraan biasanya memiliki harga yang cukup mahal, maka semakin sering burung tersebut menang, akan semakin mahal pula harganya.

Burung prenjak mimiliki bebrapa jenis yang bisa dibedakan secara mudah dari warna bulu dan ukuran tubuhnya. Seperti burung prenjak kepala merah atau prenjak kebun, prenjak sawah dan prenjak lumut.

Prenjak Lumut Jantan dan Betina, Prenjak Lumut Jantan, Prenjak Lumut Betina

Namun di antara semua jenis burung prenjak, burung prenjak kepala merah atau prenjak kebun yang paling diminati. Walaupun harga prenjak kebun jauh lebih mahal dibanding dengan burung prenjak lainnya. Karena burung prenjak kepala merah selain memiliki warna bulu yang indah, suaranya yang nyaring serta kicauannya lebih bervariasi di banding dengan burung prenjak lainnya.

Perawatannya pun cukup mudah, karena meski burung prenjak lumut juga memiliki suara yang tidak kalah merdu dengan burung prenjak kepala merah, tapi perawatan burung prenjak lumut jauh lebih susah, sehingga membuat hanya orang enggan untuk memeliharanya.

Perbedaan Prenjak Lumut dan Prenjak Kepala Merah

Burung yang di alam bebas gemar menyantap atau memakan serangga kecil seperti semut, ulat dan yang lainnya. Hanya burung prenjak jantan lah yang cocok dipelihara untuk dijadikan sebagai masteran. Karena burung prenjak betina tidak memiliki suara senyaring burung prenjak jantan, kicauannya pun kurang bervariasi sehingga burung prenjak betina kurang diminati untuk dipelihara.

Hanya saja, bagi orang yang tidak mengetahui cara membedakan prenjak jantan dan betina cukup kesulitan. Oleh karena kita akan memberikan tips bagaimana caranya membedakan prenjak jantan dan prenjak betina.

Agar tidak salah pilih saat ingin membeli burung prenjak untuk dijadikan sebagai masteran, mengingat harga burung prenjak jantan tidak lah murah. Bisa mencapai ratusan ribu.

Cara Membedakan Prenjak Jantan Dan Betina :

1. Postur Tubuh

Cara pertama yang bisa digunakan untuk membedakan mana burung prenjak jantan dan mana burung prenjak betina adalah dengan cara melihat postur tubuhnya. Karena dari ukuran dan postur tubuh burung prenjak jantan dan betina sangat berbeda.

Prenjak jantan: Biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan panjang. Hal ini dapat dijadikan patokan utama untuk melihat perbedaan antara burung prenjak jantan dan betina.

Prenjak betina: Memiliki tubuh yang lebih kecil namun posturnya lebih tinggi dari burung prenjak jantan.

2. Warna Paruh

Cara kedua untuk membedakannya adalah dengan melihat bentuk dan warna paruh burung prenjak, karena baik yang jantan mau pun yang betina memiliki warna paruh yang berbeda.

Prenjak Jantan: Memiliki warna paruh yang lebih hitam dari atas hingga bawah.

Prenjak betina: Memiliki warna paruh putih.

3. Bentuk Kepala

Bentuk kepala dari burung prenjak jantan dan betina juga memiliki perbedaan, sehingga cara ketika untuk mengetahui perbedaan prenjak jantan dan betina dengan memperhatikan bentuk kepalanya.

Prenjak jantan: Memiliki bentuk kepala yang lebih ceper.

Prenjak betina: Memiliki bentuk kepala yang cenderung lebih melengkung.

4. Bentuk Mata

Meskipun sedikit susah untuk dicari perbedaannya, tapi dari bentuk mata juga dapat membuat Anda mengetahui mana burung prenjak jantan dan mana burung prenjak yang betina.

Prenjak jantan: Memiliki bentuk mata yang lebih menonjol.

Prenjak betina: Memiliki bentuk mata yang lebih ceper.

5. Tes DNA Akurat 99%

Cara membedakan kelamin prenjak jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA prenjak diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung betina dan jantan.

Anda juga bisa membedakan kelamin pada burung prenjak dengan melihat ciri-cirinya. Berikut ini cara menbedakan prenjak jantan dan betina berdasarkan ciri fisiknya:

Ciri-Ciri Prenjak Jantan

Prenjak Jantan,  Prenjak Betina, Prenjak Kepala Merah, Prenjak Kebun

  1. Mempunyai dua buah bulu pada bagian ekor yang lebih panjang. Biasanya lebih panjang dari prenjak berkelamin betina.
  2. Memiliki warna merah yang tegas serta menyala pada bagian kepala.
  3. Prenjak jantan memiliki ekor berbentuk bulat dan mengembang.
  4. Mimiliki warna bulu pada dada yang pekat atau gelap.
  5. Memiliki rongga mulut dan paruh tebal dengan warna hitam.
  6. Suara kicauan bervariasi.

Ciri-Ciri Prenjak Betina

Ciri Prenjak Betina, Prenjak Betina, Prenjak Kepala Merah, Prenjak Kebun

  1. Mempunyai dua buah bulu pada bagian ekor yang lebih pendek. Biasanya lebih pendek dari prenjak berkelamin jantan.
  2. Memiliki warna merah pudar serta tidak menyala pada bagian kepala. Namun agak susah ketika masih anakan atau bakalan.
  3. Prenjak betina memiliki ekor berbentuk lancip dan terlihat kuncup.
  4. Memiliki paruh tipis.
  5. Mempunyai warna bulu pada dada lebih terang.
  6. Memiliki suara monoton.

Itulah cara-cara membedakan prenjak jantan dan betina. Sehingga Anda dapat membedakan mana burung prenjak yang dapat dijadikan sebagai masteran dan mana yang tidak. Karena umumnya hanya prenjak jantan saja yang dapat dijadikan sebagai masteran.

Hal ini tentu akan membuat Anda terhindar dari penipuan saat ingin membeli burung prenjak yang akan digunakan sebagai masteren. Apalagi bagi Anda yang tidak mengetahui bagaimana cara membedakan prenjak jantan dan burung prenjak betina.

Ada beberapa kasus sulit dalam mebedakan kelamin prenjak yaitu ketika masih anakan. Burung prenjak anakaan atau bakalan memang sangat sulit dilihat kelaminnya bagi pemula. Maka saya sanrankan untuk mengajak yang sudah pakar ketika ingin memilih atau membeli prenjak anakan berkelamin jantan.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Prenjak

To Top