Menjinakkan Robin, Robin Jinak, Burung Robin

7 Cara Menjinakkan Robin Liar dengan Mudah dan Cepat

Menjinakkan robin adalah salah satu tugas dari kicaumania, yang memang suka terhadap jenis burung ini. Burung robin ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu pada kisaran harga 500 ribuan, tapi beda lagi jika burung tersebut sudah bisa gacor. Burung yang gacor dan belum di dalam dunia burung tentu nilainya akan sangat berbeda, kalau yang sudah gacor robin bisa mencapai harga 900 ribuan. Robin sendiri juga merupakan burung masteran yang baik untuk cucak hijau dan murai batu.

Menjinakkan Robin, Robin Jinak, Burung Robin

Burung robin memiliki gacor yang bagus, walaupun tidak memiliki suara yang banyak bervariasi. Selain itu burung ini bisa dikatakan sebagai burung energik, dengan karakter sifatnya yang atraktif sehingga bisa memikat para pecinta burung yang melihatnya.

Bagi para pecinta burung, memiliki robin ini juga menjadi hal yang istimewa. Dengan melihat tingkah dan paduan gacornya memberikan estetika tersendiri bagi siapapun yang memandangnya. Maka dari itu robin ini cukup laris di pasaran.

Pada saat membeli burung robin biasanya kita lebih memilih dengan harga yang terjangkau. Bisa jadi kita akan mendapatkan burung yang masih liar, karena biasanya robin ini hasil tangkapan dari hutan.

Burung liar dari hutan atau burung muda hutan ini biasanya akan sangat rentan dengan kematian atau stress. Ini dikarenakan burung tersebut kaget dengan situasi baru, merasa asing atau bertemu dengan manusia. Keadaan tersebut burung akan stress mogok makan dan tidak mau gacor.

Perlu diketahui untuk para pecinta burung, syarat dari robin mau untuk gacor dimanapun berada yaitu kalau burung tersebut jinak. Namun menjinakkan robin tersebut bukanlah hal yang mudah. Jika anda salah dalam menangani proses penjinakan burung akan ngeruji atau menabrak-nabrak ruji kandang seperti kesetanan. Maka dari itu penting untuk Anda yang ingin tahu cara-cara menjinakkan robin.

Cara Menjinakkan Robin :

Berikut ini beberapa teknik untuk menjinakkan robin dengan cara yang benar. Cara dan tips tersebut yaitu :

Memandikan Robin Secara Rutin

Memandikan robin yaitu dengan cara memasukkannya ke dalam karamba untuk waktu yang agak lama. Kalau burungnya tidak mau mandi sendiri maka bisa anda semprotkan dengan menggunakan semprotan sampai basah kuyup. Kalau robin kelabakan kesana kemari ini merupakan hal yang lumrah. Jika masih giras robin tersebut maka terus aja semprotkan sampai basah kuyup agar tidak kelabakan lagi.

Langkah selanjutnya anda biarkan terlebih dahulu burung tersebut di karamba, sampai bulunya kering. Jika Anda memiliki waktu yang banyak robin bisa di mandikan pada pagi dan sore hari.

Mungkin dalam hal ini Anda bertanya kenapa harus memandikan robin sampai basah kuyup?

Pertama, dengan burung tersebut basah kuyup maka akan cepat lapar. Sehingga ini merupakan kesempatan untuk memberikan pakan kepada robin dan membuat burung seakan bergantung kepada kita. Dari situlah kemudian burung akan mengetahui bahwa kita yang memberikannya makan.

Kedua, dengan membuat burung basah kuyup merupakan sebagai sarana edukasi untuk robin tersebut. Karena pada saat basah kuyup, meskipun burung tersebut hanya bisa diam dan banyak manusia yang berlalu lalang ada di sekitarnya tidak mengancam dirinnya (burung tersebut).

2. Menggantung Sangkar Robin di Tempat Ramai

Cobalah untuk menggantang burung ada di tempat yang banyak di lewati orang. Jangan menggantang robin pada tempat sepi, karena kalau burung tersebut takut akan nabrak-nabrak dan bulunya akan rusak.

Gantang robin liar tersebut dengan gantangan yang agak tinggi. Mengenai tinggi gantangannya, secukupnya saja janganlah terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah. Yang terpenting gantanglah robin di tempat yang banyak dilalui oleh orang disekitarnya.

Untuk kegiatan tersebut bisa Anda lakukan setiap hari, kurang lebih 5 hari atau 1 minggu. Untuk gantungannya bisa Anda turunkan dalam waktu berkala dan semakin hari semakin turun.

3. Penggunaan Ukuran Sangkar Robin

Sobat kicaumania juga perlu memperhatikan ukuran sangkar robin yang digunakan. Sangkar yang berukuran terlalu luas akan membuat robin bakalan selalu aktif, sehingga lebih sulit dibuat jinak.

Setelah mendapatkan burung yang baru dibeli, perhatikan ukuran sangkar yang digunakan. Jika terlalu besar, maka segera pindahkan ke dalam sangkar lain yang berukuran lebih kecil. Dengan demikian, proses menjinakkan robin akan berlangsung lebih cepat dan efektif.

4. Penempatan Sangkar Robin

Dalam penempatan sangkar burung robin ini, juga harus anda perhatikan. Apalagi kalau di rumah ada beberapa burung lainnya yang memiliki kondisi dan perilaku sama. Pada saat anda mau menggantangnya pastikan kalau burung robin yang masih liar tersebut tidak disandingan dengan burung yang memeiliki karakter sama.

Jika melihat burung yang lainnya juga memiliki rasa ketakutan pada Anda, maka ini juga akan membuat kondisinya menjadi tidak stabil serta susah untuk menjinakkan robin. Namun burung justru akan menjadi bertambah liar.

Penting untuk anda lakukan yaitu dengan menggantangnya bersama dengan burung yang lainnya. Dengan catatatan burung yang lainnya tersebut sudah jinak. Jika anda ingin melakukan ini, maka ketika memberi makan dengan tangan bisa mengurangi rasa takutnya.

5. Perhatikan Penggunaan Tangkringan / Tenggeran Robin

Biasanya para pecinta burung akan memasang tenggeran sebanyak dua buah di dalam sangkar untuk robin miliknya. Hal ini memiliki tujuan supaya burung menjadi lebih lincah dan serta aktif, dari situ akan rajin untuk berkicau.

Akan tetapi perlu untuk anda ketahui, untuk burung yang lasil liar akan giras jika Anda berikan dua tenggeran ataupun lebih. Sehingga kalau burung ini giras akan sulit untuk dilatih.

Maka dari itu, pada saat anda melatih untuk menjinakkan robin, lebih baik berikan tangkringan  tunggal pada sangkarnya. Dengan ini maka akan dapat membantu mempercepat proses penjinakan robin tersebut.

6. Waktu Penjemuran Robin Yang Ideal

Penjemuran pada burung robin ini juga sangat penting, anda juga harus memperhatikan untuk tidak menjemur burung terlalu lama. Penjemuran burung robin yang ideal hanya cukup dengan waktu 30 menit atau 1 jam saja.

7. Perhatikan Karakter Robin dengan Baik

Memberikan perhatian dan kasih sayang juga sangat penting untuk robin ini. Anda bisa mengembun-embunkan sabil diangin-anginkan pada pagi hari. Dengan menggunakan cara ini akan sangat bermanfaat burung bisa terpancing untuk berbunyi dan robin mudah jinak. Karena di hutan burung biasanya burung akan aktif gacor dan berbunyi pada saat subuh sampai menjelang matahari terbit.

Selain beberapa cara diatas untuk menjinakkan robin ini, tentu masih banyak cara yang lainnya. Setiap orang tentunya memiliki metode, terlebih untuk mereka yang sudah ahli dalam memelihara robin Setidaknya cara menjinakkan robin diatas bisa memberikan solusi untuk Anda yang baru saja membeli burung dari pasar atau tangkapan hutan. Anda juga dapat membaca tips serta cara merawat robin lainnya.

Loading...
loading...
Harga Kacer

Harga Burung Kacer Terbaru Januari – Februari 2018

Burung Mabung, Murai Mabung, Jalak Burung Mabung, Kacer Mabung, Cucak Ijo Mabung, Merawat Burung Mabung

20 Cara Merawat Burung Mabung dan Pantangannya