Perbedaan Cililin Coklat dan Hitam, Cililin Coklat, Cililin Hitam

9 Cara Membedakan Cililin Coklat dan Hitam dari Segala Sisi

Cara mudah membedakan cililin coklat dan hitam dari habitat, warna, jenis suara, harga serta ciri fisik lainnya. Banyak yang bertanya bagus burung cililin hitam atau coklat kah yang baik untuk masteran? Cililin menjadi salah satu jenis burung yang sering dijadikan burung master untuk memaster burung lainnya karena suaranya terkenal dengan kicauan tajam dan rapat. Karena itulah, banyak sekali penghobby burung yang suka dengan cililin.

Perbedaan Cililin Coklat dan Hitam, Cililin Coklat, Cililin Hitam

Pada umumnya di Indonesia, dapat ditemukan dua jenis cililin yaitu cililin hitam dan cililin coklat. Anda harus tahu bagaimana membedakan cililin coklat dan hitam karena tak ada yang tahu kapan Anda akan dihadapakan hal-hal seperti ini.

Cililin termasuk dalam keluarga gagak-gagakan. Meski tak terlalu mirip gagak kecuali cililin hitam karena bulunya hampir sama dengan gagak, hanya saja gagak memiliki bulu yang hitam pekat. Burung jenis ini memiliki nama remsi tangkar ongklet atau jika Anda berjalan-halan di indonesia bagian barat, cililin lebih dikenal sebagai gagak jerit.

Cililin Coklat

Burung yang dikenal dengan nama ilmiah Platylophus Galericulatus yang termasuk dalam Cordvidae Family ini terkenal karena memiliki suara yang bagus serta tingkat kecerdasan yang tinggi. Namun dibalik kelebihannya, cililin cenderung memiliki mental yang lemah dan mudah sekali stress. Karena itulah, perawatan yang baik sangat diperlukan dalam perawatan cililin, baik itu untuk cililin ternak, lomba, atau harian.

Namun dengan stress tingginya itulah yang membuat burung jenis fighter ini sangat cocok untuk di adu dalam hal suara. Sedikit saja mendengar suara burung lain, cililin akan membalas dengan suara yang kencang. Berbicara tentang jenis-jenis cililin yaitu cililin hitam dan coklat, berikut ini adalah cara membedakan cililin coklat dan hitam yang baik dan benar.

Cililin Hitam

Cara Membedakan Cililin Coklat dan Hitam :

Berbedaan yang kami ulas mulai dari habitat, warna, jenis suara dan ciri fisik lainnya. Maka bagi anda para pemula simak perbedaan antara cililin hitam dan cililin coklat di bawah ini.

1. Cililin Hitam Berasal dari Jawa

Cililin hitam banyak ditemukan dari Pulau Jawa atau sekitarnya. Di Jawa, cililin lebih sering ditemukan yang berwarna hitam daripada coklat. Bahkan jarang sekali atau tidak pernah ditemukan cililin coklat di Jawa keculai di pasar burung tempat Anda membeli bakalannya.

2. Cililin Coklat Lebih Banyak di Luar Jawa

Untuk cililin coklat bisa ditemukan di luar Jawa. Biasanya bertempat di wiliayah hutan tropis seperti Sumatera, Sumbawa, Kalimantan, dan sedikit di Jawa. Di hutan tropis banyak sekali serangga dan ulat jadi habitat tersebut sangat cocok untuk burung cililin coklat maupun hitam. Selain itu, ada juga cililin yang berwarna sedikit kemerahan. Jenis burung ini bisa ditemukan di Luar Jawa atau sedikit di dalam pulau Jawa. Jadi jika jenis burung cililin coklat ada di jawa pasti harganya lebih mahal ketika dijual di pasar burung.

3. Suara Cililin Coklat Cenderung Lebih Kencang

Suara cililin baik itu cililin coklat dan hitam sebenarnya sama saja. Masih menunjukkan ciri khas seperti suara melengking dengan kerapatan tinggi serta memiliki irama yang enak didengar. Namun Anda akan sedikit menemukan perbedaan antara cililin coklat dan cililin hitam dalam segi suara. Cililin coklat cenderung memiliki suara yang lebih bertenaga dan sangat kencang.

4. Suara Cililin Hitam Lebih Lemah di Banding Cililin Coklat

Selain itu, cililin coklat juga mempunyai karakter suara yang ngeroll panjang, rapat, berdecit, dan halus. Karena itulah cililin yang banyak dirawat adalah cililin coklat, bahkan di Jawa. Sedangkan cililin hitam memiliki suara kasar dan ngeroll dengan durasi yang lebih pendek daripada si cililin coklat.

5. Jenis Kelamin Cililin Hitam dan Coklat

Meski begitu, suara juga menjadi patokan untuk menentukan mana jantan mana betina. Berlaku untuk dua jenis cililin coklat dan hitam ini. Jantan cenderung memiliki suara yang lebih keras dan kasar daripada si betina. Pokoknya dalam hal suara, betina benar-benar kalah oleh si jantan. Karena itulah banyak penghobby burung yang lebih memilih jantan daripada betina untuk dirawatnya.

6. Warna Bulunya

Hal ini menjadi patokan paling utama dalam membedakan cililin coklat dan hitam yaitu hanya dengan melihat warna bulunya. Namun perhatikan dengan teliti karena tidak selamanya warna bulu karena genetika alami. Bisa saja perubahan bulu akibat stress, penyakit, dan sedikit genetika berbeda atau kelainan keturunan.

Pada umumnya, cililin hitam yang banyak ditemukan di wiliyah Jawa adalah berwarna hitam. Namun sering juga memiliki warna bulu sedikit abu-abu (Hitam tidak tegas). Sedangkan untuk cililin coklat yang kebanyakan ditemukan di Sumatera, memiliki warna bulu coklat atau sedikit kemerahan.

Hanya itu saja yang mencolok dari segi bulu kedua jensi ini. Sisanya hampir sama semua baik itu betina atau pun jantan. Kedua jenis ini memiliki bulu putih di bagian tengkuk belakang samping kepala yang mejadi ciri khasnya. Selain itu, bintik putih juga terdapat di daerah alis. Untuk jantan memiliki bintik putih yang rapat dan kecil sedangkan betina, memiliki bintik putih yang besar.

7. Jambul

Ciri khas lain dari cililin adalah jambulnya. Baik itu cililin coklat dan hitam semuanya memiliki jambul dan pada umumnya, tak terlalu memiliki perbedaan yang besar. Hanya saja perbedaan terdapat pada warna jambulnya. Meskipun jambul cililin coklat cenderung berwarna coklat, namun sedikit mengarah ke hitam.

Begitu juga dengan burung cililin hitam. Jambulnya berwarna hitam namun ada juga yang sedikit berwarna abu-abu kehitaman. Selain warna, ukuran sebenarnya sama saja. Hampir semuanya memiliki ukuran yang sama kecuali untuk masalah jenis kelamin. Jantan cenderung memiliki jambul lebat dan panjang daripada si betina.

8. Paruh

Paruh yang ada pada cililin coklat cenderung sedikit lebih besar. Bisa jadi karena efek dari warnanya yang coklat. Sedangkan untuk cililin hitam cenderung memiliki warna paruh hitam mengikuti warna bulunya. Banyak yang beranggapan paruhnya sedikit lebih lancip, kecil, dan panjang dari pada cililin coklat.

9. Mata

Pada bagian mata, cililin coklat memiliki atau mempunyai mata hitam pekat. Sedikit berbeda dengan mata cililin hitam yaitu abu-abu atau sedikit kehitaman. Keduanya juga memiliki mata yang sama-sama menonjol untuk jenis jantan. Berbeda dengan burung jenis betina yang sedikit terlihat layu.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi dengan Mudah

Itu dia tips tentang pengetahuan bagaimana cara membedakan cililin coklat dan hitam yang baik dan benar. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda, khususnya Anda yang ingin membeli bakalannya apalagi anakannya yang dominan bulunya belum tumbuh. Meski semuanya bisa dilihat dengan bulu nya saja karena pada dasarnya hanya berbeda warna, tapi ciri-ciri lain sebaiknya Anda tahu juga untuk lebih menyakinkan. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...
loading...
Cililin Macet Bunyi

26 Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi dengan Mudah

Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina, Cililin Jantan, Cililin Betina, Cililin Coklat, Cililin Hitam

25 Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Paling Akurat