Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina, Cililin Jantan, Cililin Betina, Cililin Coklat, Cililin Hitam

25 Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Paling Akurat

Cara membedakan cililin jantan dan betina dengan akurat dan mudah diterapkan di rumah. Cililin merupakan salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh para pecinta burung karena memiliki kicauan yang rapat dan berirama unik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan seekor cililin untuk kita pelihara, salah satunya dengan membelinya di pasar burung. Namun sebelum membeli, jenis kelamin menjadi hal utama yang perlu Anda tahu. Tentu saja bagaimana cara membedakan cililin jantan dan betina juga perlu Anda tahu.

Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina, Cililin Jantan, Cililin Betina, Cililin Coklat, Cililin Hitam

Burung jenis ini juga terkenal menjadi suara master yang bagus untuk banyak burung kicauan lainnya. Namun cililin merupakan jenis burung yang mudah sekali stress, sehingga Anda benar-benar mengerti bagaimana cara menjaga tingkat stress si cililin. Mental juga berperan penting selain tingkat birahi. Mental yang baik akan membuat burung cililin Anda tetap sehat dan kuat secara fisik.

Pelatihan mental memang sedikit menyulitkan karna pada dasarnya, cililin merupakan burung lemah yang tak tahan panas. Maka dari itu, sebelum memilih bakalan cililin pastikan untuk memilih cililin yang sehat secara fisik dan mental. Disamping itu, kadang pemula yang ingin membeli tidak mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina. Hal ini harusnya Anda tahu karena lain jenis kelamin lain juga performanya. Berikut ini adalah tips membedakan cililin jantan dan betina yang baik dan benar.

Keunggulan Cililin Jantan Dibandingkan Betina?

Cililin Hitam Jantan, Cililin Hitam, Cililin Jantan

Ada tiga golongan untuk cililin, yaitu ternak, harian, dan lomba. Untuk ternak sepertinya tak masalah mau itu jantan atau betina. Namun sedikit berbeda dengan Anda yang ingin memiliki cililin yang bagus untuk dipelihara harian dan diikutkan dalam lomba. Kedua golongan tersebut dilihat dari kesehatan dan performa suaranya.

Cililin Hitam Betina

Sedangkan untuk urusan mental bagus, fisik kuat, dan suara lebih kencang, sebaiknya Anda pilih cililin berjenis kelamin jantan. Tentu saja jenis jantan yang dipilih harus sehat dan tidak cacat. Berbeda dengan betina yang kurang dalam hal ketahanan dan suara, cililin jantan sangat bagus untuk Anda yang ingin merawat cililin lomba atau sekedar penyambut tamu di rumah. Jika Anda ingin menternak kecil-kecilan, jangan lupa untuk memilih yang betina.

Cara Membedakan Burung Cililin Jantan dan Betina:

Semua jenis kelamin baik betina dan jantan secara visual mirip jika dipandang dari jauh. Maka dari itu, cobalah untuk memerhatikan keduanya dari dekat agar dapat membedakan cililin jantan dan betina. Berikut ini adalah beberapa rangkuman ciri-ciri cililin jantang dan betina menurut beberapa golongan:

1. Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Dilihat dari Fisiknya:

1. Kepala

Jambul menjadi ciri khas dari cililin, baik jantan dan betina semuanya memiliki jambul panjang berbulu coklat dan hitam. Namun pada tangkar ongklet jantan, jambul cenderung sedikit lebih panjang dan lebat dari pada milik tangkar ongklet betina. Ukuran kepala cililin jantan juga sedikit lebih besar dari pada tangkar ongklet betina. Sering kali jantan memiliki bentuk kepala yang sedikit kotak. Bisa terlihat jelas pada saat cililin sudah dewasa yang bisa disandingkan dengan cililin berkelamin betina.

2. Mata

Pada bagian mata baik jantan dan betina hampir sama saja, namun cililin jantan biasanya memiliki mata yang sedikit lebih besar dan terlihat menonjol dari pada tangkar ongklet betina. Pada bagian ini memang tidak terlalu menonjol, namun bisa menjadi salah satu patokan jika dilihat secara lebih mendetail.

3. Bintik Dekat Mata

Bintik ini merupakan ciri khas dari tangkar ongklet cililin dan hanya ada pada burung cililin saja, baik itu cililin coklat atau cililin hitam. Pada area mata baik jantan dan betina memiliki ciri-ciri bintik berwarna putih. Bintik ini terdapat di dekat mata, umumnya ada pada samping belakang mata.

Pada si jantan, bintik ini cenderung lebih kecil dan rapat. Berbeda dengan burung cililin berkelamin betina yang memiliki bintik-bintik putih yang lebih besar, kadang rapat namun kadang juga sedikit jarang. Warnanya juga membedakan. Warna bintik pada jantan sedikit lebih cerah dan tegas dibandingkan betina.

4. Paruh

Bentuk paruh cililin jantan dan betina sama saja, yang membedakannya hanya panjang dan besarnya. Cililin jantan biasanya memiliki paruh yang tebal, panjang, dan besar ketimbang betina.

5. Bulu

Selain ukuran dan bentuk, bulu menjadi patokan mendasar dalam membedakan cililin jantan dan betina. Jantan lebih memiliki warna bulu yang tajam dan tegas, khususnya pada warna coklat dan bagian hitamnya. Sedangkan cililin betina betina memiliki warna yang sedikit memudar pada warna coklat.

Warna tegas pada cililin juga menandakan bahwa cililin tersebut memiliki potensi kesehatan yang bagus, baik betina dan jantan.

6. Kaki

Kaki jantan cenderung terlihat lebih kuat, besar, kasar dengan cakar yang tajam. Begitu juga dengan betina, bercakar, kasar namun cenderung lebih kecil. Warna kaki biasanya hitam sedikit keabuan.

7. Badan

Ukuran badan cililin jantan lebih besar dari pada burung betina. Jantan memiliki postur tubuh yang tegap dan berdiri dengan gagah membusungkan dada. Berbeda dengan betina yang sering terlihat membungkuk dan bulat.

8. Tes DNA

Cara membedakan kelamin cililin jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA cililin diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung betina dan jantan.

Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Menurut Tingkah Laku:

1. Suara

Saat berkicau, suara si jantan cenderung lebih rapat dan berirama bagus. Karena itulah jenis jantan sangat cocok untuk dirawat jika ingin mendapatkan suara yang bagus. Berbeda dengan betina yang cenderung mempunyai suara yang putus-putus dan durasi pendek.

2. Kelincahan

Tergantung dari birahi si burung, jantan lebih lincah daripada si betina. Tentu saja semuanya tergantung dari mental dan birahi si burung. Namun pada dasarnya, fisik jantan lebih baik daripada betina.

Ciri-Ciri Cililin Jantan :

Cililin Coklat Jantan, Tangkar Ongklet Jantan, Cililin jantan, Cililin Juara

1. Postur tubuh yang besar, gagah, dan selalu terlihat tegap.
2. Kepala yang besar daripada si betina.
3. Warna bulu yang lebih kuat, terutama pada warna hitam.
4. Suara yang kencang, berdurasi lama, kasar, bervariasi, dan rapat.
5. Kaki besar.
6. Bintik putih mata kecil dan rapat.
7. Memiliki gaya mengagguk.

Ciri-Ciri Cililin Betina :

Cililin Coklat Betina

1. Badang Kecil dari pada jantan.
2. Warna pucat dan kurang tegas atau pirang dan kusam.
3. Warna bulu putih pada bagian leher lebih tipis.
4. Warna kurang terlihat kurang jelas warna hitam pada bagian tanda pemisah
5. Bintik putih mata besar dan jarang.
6. Suara putus-putus dan berdurasi pendek.
7. Suara monoton.
8. Memiliki gaya ngeleper.

Baca Juga: Cara Membedakan Cililin Coklat dan Hitam dari Segala Sisi

Dalam segi keunggulan konon para penghobi cililin lomba atau masteran mengatakan jenis kelamin jantan lah yang memiliki keunggulan dibangikan dengan jenis cililin betina. Itu dia tips bagaimana cara membedakan cililin jantan dan betina yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dalam pemilihan cililin bakalan.

Loading...
loading...
Perbedaan Cililin Coklat dan Hitam, Cililin Coklat, Cililin Hitam

9 Cara Membedakan Cililin Coklat dan Hitam dari Segala Sisi

Merawat Cililin Mabung

15 Cara Merawat Cililin Mabung Agar Cepat Tuntas