Merawat Cililin Anakan, Cililin Muda, Cililin Trotolan

6 Cara Merawat Cililin Anakan Agar Tidak Mudah Mati dan Gacor

Cara merawat cililin anakan agar tidak mudah mati dan cepat gacor. Para pecinta burung cililin pasti ingin burung mereka dapat berkicau dengan baik dan tembakan panjang. Semua itu memerlukan perawatan yang baik terkait pemberian makanannya, persiapan kandang, sampai proses pemasterannya. Semua itu bisa Anda mulai dari mana saja, bahkan dari anakan. Tentu saja sebagai penghobby yang baik, Anda perlu tahu seperti apa merawat cililin anakan yang baik dan benar.

Merawat Cililin Anakan, Cililin Muda, Cililin Trotolan

Cililin memiliki ciri khas kicauan yang rapat dan kencang. Bahkan sering kali burung jenis cililin dijadikan burung master untuk burung-burung lain. Maka dari itu, perawatan mulai dini sangat penting untuk menciptakan cililin yang bagus dari segi kicauan dan sehat. Anakan cililin bisa didapat dari dua sumber, bisa membeli dari orang lain atau Anda sendiri yang memanen dari indukannya.

Meski keduanya sama-sama anakan, kadang perawatannya akan sedikit berbeda. Tujuan utama dari perawatan anakan adalah untuk menciptakan cililin yang bagus dan menbentuk mentalnya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat cililin anakan yang baik dan benar serta bisa anda terapkan dengan mudah di rumah.

Cara Merawat Cililin Anakan :

1. Persiapan Tempat Cililin Anakan

Biasanya cililin anakan masih sangat lemah dan belum cocok untuk ditempatkan dalam sangkar atau kandang berukuran besar. Cobalah untuk memberikan tempat atau wadah yang nyaman untuk burung anakan cililin, kalau bisa yang mirip dengan sangkar yang digunakan indukan bertelur dan mengeram. Jika memang Anda tak mampu untuk merawatnya, sebenarnya boleh dibiarkan oleh si indukan untuk merawat anaknya.

Namun jika Anda ingin merawat sendiri anakannya, sebaiknya ditempatkan dulu di tempat yang aman seperti wadah atau sangkar khusus yang dialasi oleh jerami kering, daun-daun kering, atau kain kering. Jika perlu, Anda boleh memberikan lampu penghangat karena keadaan hangat sangat penting bagi burung yang masih sangat kecil. Jika anakan cililin masih sangat kedinginan, boleh ditutupi dengan kain halus tapi sedikit tebal.

2. Pemberian Makan dan Minum Cililin Anakan

Untuk makanan burung cililin sendiri beragam. Pemberian EF juga bisa diberikan dan yang paling umum adalah voer serta kroto. Waktu pemberian biasanya lebih sering daripada cililin dewasa karena pada fase anakan, cililin akan terus meminta untuk di isi perutnya. Voer bisa diberikan pada pagi hari namun harus yang voer halus agar nanti mudah dicerna oleh anakan cililin.

Untuk kroto ada waktunya. Jika sudah mencapai umur setidaknya 2-4 minggu baru bisa diperkenalkan dengan kroto dan voer kasar. Di usia ini, anakan cililin sudah dapat bergerak bebas dan membedakan mana makanan dan mana yang bukan makanan. Pemberian voer diberikan pada pagi hari, baik itu voer kasar atau halus. Untuk melengkapi, berikan juga kroto secukupnya atau bisa dicampur kroto dan voer.

Pemberian EF juga bisa dilakukan agar nantinya jika sudah menginjak usia remaja ke dewasa, cililin akan sering berbunyi. Selain itu, EF tambahan bisa meningkatkan birahi pada burung namun tetap untuk dikontrol. EF yang bagus untuk cililin adalah jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan lainnya. Pemberian biji-bijian atau sayuran juga bisa diberikan untuk melengkapi asupan nutrisi untuk tubuh cililin anakan.

Jangan lupa untuk berikan juga buah yang berkhasiat, seperti papaya dan lainnya. BirdVirt juga bisa membantu mengisi asupan vitamin anakan. Untuk kebutuhan minumnya berikan air minum yang segar dan bersih. Pastikan capuk air minum anakan tetap terisi penuh agar tak bingun mencari air. Selain itu, berikan juga BirdMineral untuk memenuhi asupan mineral yang dibutuhkan cililin anakan.

3. Pemberian Multivitamin Cililin Anakan

Vitamin sangat di perlukan untuk segala jenis burung, termasuk juga cililin anakan. Asupan vitamin dapat membatu menyehatkan burung juga dan terbebas dari kematian. Anda dapat memberikan vitamin pada anakan cililin seminggu dua kali.

4. Pemasteran Cililin Anakan

Walaupun sebagai burung untuk masteran, namun cililin anakan harus di latih agar bisa mengeluarkan suara tembakan yang panjang. Pemasteran sejak dini yaitu masa anakan bisa diterapkan pada cililin agar nantinya bisa berkembang menjadi cililin dewasa yang memiliki kicauan yang unik. Untuk proses pemasteran bisa menggunakan alat mp3 player yang telah diisikan suara-suara master. Pemasteran bisa dilakukan kapan saja, mau itu pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari. Cari waktu yang tepat seperti waktu istirahat si anakan karena masa ini, anakan cililin akan full konsentrasinya pada suara master.

Waktu yang tepat adalah mulai dari pukul 7.00 malam sampai pagi hari di mana waktu ini, anakan benar-benar istirahat full. Untuk memaksimalkan, sebaiknya lakukan full krodong dan volume master di set sedang saja yang penting anakan bisa mendengar dengan jelas.

6. Perhatikan Suasana Sekitar Cililin Anakan

Cililin yang masih kecil atau anakan perlu diperhatikan tempat dan seperti apa sekililingnya. Jangan sampai menempatkan burung pada tempat yang berbahaya dan gelap. Pastikan juga ruangan cerah atau cukup pencayahan yang dilengkapi dengan lampu penghangat. Jangan tempatkan pada tempat yang dekat dengan alam luar seperti dekat jendela, di samping pintu, atau di mana pun itu karena bisa mendatangkan hewan-hewan pengganggu seperti ular, tikus, anjing, kucing, dan lainnya.

Tidak hanya itu, pastikan juga tempatnya jauh dari kata berisik karena bisa mengganggu konsentrasi cililin. Namun tentu saja perhatikan juga ventilasi udara yang dibutuhkan anakan untuk bernafas. Tempat yang paling bagus adalah di dalam rumah, tepatnya di tengah atau rangan khusus yang benar-benar nyaman jauh dari gangguan.

6. Perawatan Tambahan Cililin Anakan

Selain poin-poin wajib yang telah dibahas di atas, ada baiknya untuk memerhatikan perawatan-perawatan lainnya. Perawatan tersebut adalah pembersihkan sarang. Jika sarang yang dipakai untuk merawat si anakan cililin sudah terlihat kotor karena kotoran anakan itu sendiri, bersihkan atau ganti dengan yang baru. Pastikan bahan yang digunakan tidak basah dan pastikan kering. Namun tingkat kelembapan juga harus dijaga. Itu sebabnya sebaiknya ditaruh dalam incubator saja.

Untuk mandi dan penjemuran tidak diperbolehkan jika usianya benar-benar masih mudah. Jika sudah mencapai 1 bulan atau lebih, mandi rutin dan penjemuran bisa dilakukan. Khusus untuk penjemuran, cililin sedikit berbeda dari burung lain di mana jenis cililin tak boleh dijemur terlalu lama, bahkan tak boleh lebih dari 1 jam. Cukup 15 sampai 30 menit saja untuk setiap harinya.

Baca Juga: Cara Memilih Cililin Bakalan Prospek dan Calon Juara

Itu dia tips tentang bagaimana cara merawat cililin anakan yang baik dan benar serta mudah diterapkan. Jika Anda merawat anakan cililin dengan tangan Anda, sebaiknya tetap diperhatikan 24 jam karena perawatan anakan haruslah ekstra dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

Selain itu ketika merawat cililin anakan yang masih dibantu disepet. Usahakan voer atau extra fooding yang di gunakan harus berkualitas. Jangan berikan pakan yang kotor atau basi, karena dapat memicu burung anakan mati. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...
loading...
Jenis Makanan Cililin, Pakan Cililin, Extra Fooding Jenis Makanan Cililin

5 Jenis Makanan Cililin Agar Lebih Gacor dan Tidak Mudah Mati

Merawat Cililin Bakalan

8 Cara Merawat Cililin Bakalan Agar Gacor dan Tidak Mudah Mati