Burung Mabung, Murai Mabung, Jalak Burung Mabung, Kacer Mabung, Cucak Ijo Mabung, Merawat Burung Mabung

20 Cara Merawat Burung Mabung dan Pantangannya

Mabung atau biasa diartikan sebagai suatu proses pergantian bulu atau bisa diartikan juga sebagai masa cuti bagi burung ataupun unggas lainnya. Mabung pada burung sendiri memiliki nama lain yaitu moulting, ngurak atau mbodol. Selama burung mabung, ia akan cenderung mengurangi beberapa aktivitasnya, termasuk berkicau. Maka dari itu, perlu berhati-hati dalam menangani burung sedang dalam kondisi mbodol, karena bisa mengakibatkan hal buruk, mengurangi tingkat kecerdasan dan perilaku atau karakter dapat berubah.

Burung Mabung, Murai Mabung, Jalak Burung Mabung, Kacer Mabung, Cucak Ijo Mabung, Merawat Burung Mabung

Proses mabung ini terjadi karena bulu-bulu yang sudah tua, memang selayaknya rontok untuk digantikan dengan bulu yang baru. Bahkan tersebut biasanya bisa terjadi sebanyak 2 atau 3 kali selama setahun.

Usia Berapakah Burung Mabung?

Rata-rata mabung pertama pada burung yaitu ketika usia masih anakan, trotolan atau paud hingga mencapai usia 3 bulan. Utuk mabung yang kedua yaitu tiga bulan kemudian setelah proses ngurak pertama.

Proses moulting burung yang kedua rata-rata diusia 6 sampai 7 bulan sejak burung tersebut lahir. Disitulah proses dimana pergantian dari bulu muda atau trotol ke bulu tua. Selain itu pada saat moulting kedua tersebut bertujuan agar burung dapat menguatkan bulunya dan bisa cari makan sendiri. Rata-rata orang menyebut fase ini sebagi mabung pertama dalam artian mabung pertama ketika deasa.

Setelah mengalami proses mabung yang kedua, rata-rata burung mengalami fase pengeringan bulu. Proses tersebut biasanya berlangsung lama yaitu sekitar 6 sampai 8 bulan. Akan tetapi kita juga harus lihat cara perawatannya baik atau tidak. Pada fase tersebut rata-rata orang sudah mulai mencoba untuk mensetting burung ke arena perlombaan. Namun ada juga orang yang belum berani menurunkan ke arena perlombaan.

Namun nanti ada kalanya burung masuk proses mabung tahap kedua (mabung dewasa ke dua). Proses tersebut terjadi ketika burung menginjak usia 12 sampai 15 bulan. Rata-rata fase ini ditandai dengan membuang bulu-bulu yang telah rusak dan kering kemudian di ganti dengan bulu baru.

Kebanyakan orang sering mengatakan usia mabung kedua pada burung merupakan fase mapan atau birahi mudah terkontrol. Dalam fase tersebutlah banyak burung-burung bagus siap untuk dilombakan.

Namun ada tidak usah kuatir kapan burung akan mabung lagi. Untuk proses mabung ketiga pada burung, rata-rata dua sampai tiga tahun lagi sesudah mengalami ngurak kedua.

Berapakah Lama Proses Mabung Pada Burung?

Para pencinta burung pasti berharap burung yang ia sayangi akan mendapatkan bulu yang lebih indah dan proses mabungnya segera selesai. Dan ternyata, proses mabung pada setiap burung itu berbeda-beda lamanya, tergantung dari jenis apa burung tersebut.

Lama proses mabung ini meliputi rontoknya satu per satu bulu pada burung, termasuk semua jenis burung kicauan, pasti akan mengalaminya. Pada fase ini akan menghasilkan bulu muda dan baru yang lebih baik jika prosesnya berjalan dengan lancar.

Waktu yang dibutuhkan pun bervariasi. Contohnya saja pada burung kenari yang memakan waktu selama 4-6 minggu untuk mabung. Serta proses penyempurnaan bulu sekitar 2-3 mingguan. Jadi jenis burung satu dengan yang lainnya akan berbeda.

Misalnya pada burung kenari akan mengalami proses tersebut selama empat sampai enam minggu. Burung lovebird rata-rata selama 2-3 mingguan. Kemudian lama waktu mabung untuk burung pleci adalah sekitar 3-4 minggu. Tetapi secara keseluruhan rata-rata proses mabung pada burung itu selama 4 hingga 6 minggu.

Bagi Anda pencinta burung berkicau, lama proses mabung burung kicau juga bisa dipercepat dengan cara-cara tertentu. Keberhasilan untuk mempercepat proses pergantian bulu baru  tergantung juga bagaimana cara Anda meraatnya.

Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya dalam fase mabung ini. Kelebihannya adalah jika berhasil melalui proses ini maka otomatis bulu burung tersebut akan tampak lebih bagus, kuat dan mengkilap. Selain itu, kemampuan kicau burung akan semakin meningkat dan mental burung juga tambah kuat. Ini biasa terjadi pada burung kicauan yang mengalami masa mabung pertama kalinya atau ganti bulu pada saat dewasa.

Proses ngurak pada burung termasuk proses yang sangat penting. Apabila proses ini sampai gagal, maka tampilan bulu bisa menjadi sangat jelek bahkan tumbuhnya tidak teratur. Selain itu bisa mempengaruhi mental si burung menjadi kendur. Dan efek burung lainnya adalah kicauan burung yang tadinya sangat merdu dan bisa menirukan suara burung lainnya, tiba-tiba menjadi kicauan yang biasa saja. Yang paling mengkhawatirkan adalah burung tersebut mengalami stres akhirnya mati.

Faktor Yang Mempengaruhi Cepat dan lambatnya Proses Mabung

Cepat atau lambatnya burung mabung tergantung pada kondisi lingkungan dan juga tahan tubuh dari si burung. Pastikan jangan sampai ketinggalan dalam menyediakan makanan bergizi tinggi selama mabung berlangsung, terutama memaksimalkan asupan protein.

Selain mengenai gizi, faktor yang paling penting untuk mempercepat proses molting tersebut adalah konsisten dalam perawatan. Jika anda tidak konsisten maka proses mabung pada burung akan lambat.

Ciri-ciri Burung Mabung :

  1. Burung menjadi tidak bergairah dan malas untuk berkicau.
  2. Mata burung yang tadinya terang menjadi terlihat sayu diiringi tatapan kosong.
  3. Bulu-bulu rontok berjatuhan sampai 1-3 helai dan bertambah banyak setiap harinya.
  4. Ekor tampak rusak.
  5. Bulu tampak kusam dan tidak mengkilap lagi.
  6. Fighter pada burung berkurang.
  7. Apabila dilakukan trek dengan burung lain maka hasilnya tidak maksimal.

Jika anda telah mengetahui ciri burung mabung, maka yang harus anda tahu yaitu bagaimana cara mempercepat proses mabung agar cepat selesai. Nah dibawah ini cara-cara merawat burung mabung serta hal yang harus dihindari.

Cara Merawat Burung Mabung :

Pada bulu-bulu burung, terdapat lebih dari 90% kandungan protein yang biasa disebut keratin. Protein pada bulu tidak sama dengan protein yang ada pada tubuh dan telur. Protein pada bulu memerlukan nilai proporsional yang lebih atas kandungan asam amino yang dapat membangun sel dan blok pada protein.

Burung yang sedang mabung diharuskan cukup dalam mengonsumsi pakan dengan kandungan asam amino jenis ini, kemudian terserap oleh tubuh dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus untuk keperluan pertumbuhan bulu yang baru.

Yang paling utama untuk diingat ialah ketika burung alami masa mabung bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Saat Burung Mabung :

  1. Anda harus berupaya meningkatkan produksi asam amino pada burung mabung yang mengandung metionin dan sistin.
  2. Memberikan suplemen multivitamin dan suplemen multimineral.
  3. Bisa juga untuk memberikan protein lewat daging namun dalam jumlah yang kecil.

Selain nutrisi ada juga pantangan-pantang yang tidak boleh dilakukan kepada orang-orang ada burung yang sedang mabung.

Pantangan Saat Burung Mabung :

1`. Jangan Memandikan Burung

Sangat keliru apabila ada yang beranggapan bahwa ketika mabung, burung harus sering di mandikan. Setelah burung menyelesaikan masa mabungnya, barulah mandi bisa diberikan, atau ketika tunas-tunas rambut baru tumbuh. Jadi, memandikan burung ketika bulu baru saja luruh atau rontok adalah pilihan yang kurang tepat.

2. Jangan Menjemur Burung

Menyimpan burung mabung di tempat yang kering dan sedikit lembap dapat membantu burung tersebut untuk segera menjatuhkan bulu-bulu lamanya.

Jika dipaksakan untuk tetap menjemur, bisa mengakibatkan pertumbuhan bulu kurang sempurna, bahkan bisa mengakibatkan kelainan sampai abnormal. Di mana tampilan bulu menjadi sedikit kering, cepat rusak, bulu sampai terbalik atau melintir.

3. Jangan Biarkan Burung Sering Bunyi

Banyak yang tetap melombakan burung yang sedang dalam kondisi mabung. Bahkan sebagian pemain mempercayai jika hal tersebut justru bisa membuat burung ambrol total. Namun yang sebenarnya akan terjadi adalah burung justru rontok ekornya saja, tidak ambrol secara menyeluruh.

4. Memberikan Pakan Dengan Kadar Protein Yang Pas

Pakan dengan kadar protein 16-20% sudah cukup untuk burung mabung. Jika proteinnya mencapai lebih dari 30%, justru dari dapat membuat birahi burung meningkat dan lebih rajin berkicau. Itu mengakibatkan proses mabung terhambat.

5. Jangan Terus Menerus Dikrodong

Mengerudung burung selama mabung memang dianjurkan. Tetapi jangan terus-menerus menutup burung mabung di dalamnya tanpa pernah membuka. Perhatikan juga suhu sekitar dan pencahayaan lampu.

Ketika ada sudah paham mengenai pantangan saat burung sedang dalam kondisi mabung, maka ada hal juga yang harus di perhatikan ketika merawat burung mabung.

Hal-Hal yang Diperhatikan Saat Burung Mabung :

1`. Pemasteran

Masa mabung adalah fase yang sangat ideal untuk melakukan pemasteran. Pemasteran bisa dilakukan dengan metode mp3 player yang murah dan mudah digunakan. Saat istirahat, contohnya pukul 6 sore sampai pagi hari, perdengarkanlah suara master. Kamu bisa menggunakan burung seperti kenari, lovebird dan cucak jenggot saat melakukan pemasteran.

2. Pamberian Vitamin

Vitamin sangat penting untuk membuat mabung cepat tuntas atau cepat berganti bulu baru. Selain bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru, vitamin juga berguna untuk menjaga kondisi burung tersebut. Kondisi yang sehat akan mudah membuat burung gacor lagi setelah mabung.

3. Rutin Membersihkan Sangkar

Faktor utama burung macet bunyi sehabis mabung yaitu sang pemilik tidak rutin dalam hal kebersihan. Kebersiahan kandang atau sangkar sangat berpengaruh bagi kesehatan burung itu sendiri. Sangkar bersih membuat burung sehat serta cepat gacor lagi sepelah proses mabung selesai.

4. Jauhkan dari Tempat yang Ramai

Cobalah untuk menempatkan burung Anda di tempat yang sunyi untuk menunjang konsentrasi dalam merontokkan bulu-bulu. Tips ini bisa dilakukan untuk mempercepat proses mabung. Selain itu, cara ini bisa dilakukan jika burung terlalu semangat dalam berkicau dan bisa menghabiskan energinya. Masa mabung adalah fase di mana pengeluaran energi sangat banyak, jadi tetap jaga asupan energinya.

5. Konsisten

Jika semua cara di atas sudah dilaksanakan, maka cara terakhir merawat burung mabung adalah melakukan cara tersebut secara rutin. Mungkin sekilas cara yang satu ini dianggap sepele, padahal cara ini sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan burung mabung. Sebab jika melakukan semua cara di atas tidak rutin, maka hasilnya pun juga tidak akan maksimal terhadap burung tersebut.

Cara Mengatasi Proses Burung Mabung Tidak Sempurna :

Mabung yang tidak atau belum sempurna adalah adanya bulu-bulu kecil yang masih tertutup tanduk. Dan di saat inilah pemandian burung boleh dilakukan secara rutin, yaitu sekali dalam sehari dan jangan lupa menjemur burung sekitar 30 menit setelah mandi serta secara bertahap. Setelah itu waktu penjemuran bisa dinaikkan pada hari berikutnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Salto dengan Cepat

Inti dari merawat burung mabung yaitu kita harus konsisten, telaten dan sabar. Jika hal-hal tersebut sering terlalaikan maka akan berdampak fatal. Contohnya saja macet bunyi serta dapat menyebabkan kematian.

Loading...
loading...
Menjinakkan Robin, Robin Jinak, Burung Robin

7 Cara Menjinakkan Robin Liar dengan Mudah dan Cepat

Merawat Kolibri Ninja Lomba

18 Cara Merawat Kolibri Ninja Sebelum dan Sesudah Lomba