jenis makanan pengganti kroto pada burung tledekan, sulingan atau sikatan

8 Jenis Makanan Pengganti Kroto Tledekan dan Cara Membuatnya

Beberapa jenis makanan pengganti kroto pada burung tledekan, sulingan atau sikatan. Kroto merupakan salah satu makanan pokok yang wajib diberikan untuk tledekan. Manfaat kroto untuk tledekan sendiri dapat membantu dalam mencukupi asupan nutrisi burung. Khusus untuk tledekan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika memakan kroto. Sayangnya sering kali tidak ketersediaan kroto kerap menghambat pemberian kroto pada tledekan. Namun semua itu bisa di ganti menggunakan makanan lain. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik tledekan yang baik harus tahu pengganti kroto tledekan yang baik dan bergizi.

 jenis makanan pengganti kroto pada burung tledekan, sulingan atau sikatan

Kroto mengandung banyak kandungan protein dan gizi yang sangat berkhasiat untuk burung jenis karnivora termasuk tledekan. Pakan jenis ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh tledekan, baik berasal dari penangkaran (Di beli dari pasar burung) atau tledekan hasil tangkapan hutan. Karena pada dasarnya, kroto memang makanan alami untuk tledekan.

Kroto sendiri adalah istilah para penghobi burung untuk telur semut. Biasanya Anda mencari kroto di hutan atau pun di beli dari orang yang menjual kroto. Selain sebagai pelengkap nutrisi dan vitamin, kroto juga bisa membantu dalam menaikkan birahi karena mengandung protein tinggi tapi tak setinggi EF seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Berbicara tentang makanan pengganti untuk kroto tentu saja bisa dilakukan, asal makanan tersebut mau di makan oleh tledekan dan setidaknya memiliki kandungan yang sama dengan kroto. Berikut ini adalah beberapa makanan pengganti kroto tledekan yang baik dan aman untuk diberikan kepada tledekan Anda.

Jenis Makanan Pengganti Kroto Tledekan:

1. Jangkrik

Jangkrik mengandung banyak protein serta cita rasa tinggi dan lezat untuk di makan tledekan. Makanan jenis ini memang biasanya disajikan sebagai makanan EF, namun dalam waktu-waktu tertentu, pakan jangkrik boleh di ubah menjadi pakan regular namun dengan takaran yang pas. Pemberian jangkrik yang terlalu tinggi bisa membuat tledekan menjadi over birahi dan tak baik untuk kesehatan burung. Untuk memaksimalkannya, padukan dengan voer.

2. Ulat Hongkong

Ulat hongkong yang baik untuk tledekan adalah berwarna sedikit kuning dan besar. Pemberian ulat hongkong biasanya sebanyak 5 ekor setiap pagi dan sore, sama dengan jangkrik. Untuk sebagai pengganti kroto, Anda boleh memberikannya sekitar 8 ekor setiap pagi dan sore namun dengan sedikit paduan dengan voer kasar.

3. Cacing Tanah

Pemberian cacing tanah juga bisa diberikan sebagai pengganti kroto karena sama-sama mengandung banyak protein yang membantu dalam meningkatkan birahi tledekan. Dengan birahi yang lebih terkontrol, tentu saja akan menghasilkan tledekan dengan performa tinggi. Pemberian cacing tanah cukup sekitar 2 – 4 ekor setiap pagi dan sore sebagai pengganti kroto. Untuk memaksimalkan, berikan voer kasar atau halus terserah Anda.

4. Voer

Voer sama pentingnya dengan kroto dan biasanya menjadi perpaduan yang sangat baik. Pemberian voer yang dicampur kroto bisa dijadikan makanan pokok wajib diberikan pada pagi dan sore hari. Namun karenanya banyaknya merk voer yang beredar dan jenisnya juga banyak, Anda perlu sedikit lebih selektif dalam memilih mana yang terbaik untuk tledekan Anda.

Untuk jenisnya sendiri voer kasar boleh diberikan ketikan tledekan sudah dewasa. Sedangkan jika masih anakan atau piyikan, lebih baik diberikan voer lembut atau basah. Pemberian voer sebagai pengganti kroto juga harus dilebihkan sedikit dan dipadukan dengan makanan EF seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah, dan lainnya. Gunanya untuk tetap menjaga takaran baik porsi dan kandungan yang dikandung agar tetap sama dengan setingan sebelumnya.

5. Ulat Jerman

Sama dengan tledekan, ulat jerman juga bisa menjadi makanan pengganti kroto yang baik karena mengandung banyak protein sama dengan kroto. Pemberiannya hampir sama dengan ulat hongkong. Untuk memaksimalkan pemberian nutrisi yang lebih sehat dan baik, berikan lah ulat jerman kering markel atau berlaku juga untuk ulat hongkong.

6. Ulat Bambu

Alternatif pengganti kroto pada bung tledekan yaitu dengan memberikan ulat bambu. Namun tidak seperti pemberian extra fooding lain seperti ulat hongkong, jangkrik atau kroto, ulat bambu justru tidak terlalu sering diberikan. Hal tersebut dikarenakan ada anggapan bahwa memberikan ulat bambu secara rutin pada burung akan membuat tledekan drop, cenderung loyo atau menjadi malas-malasan, sehingga pemberiannya pun kadang dibatasi hanya 1 – 2 kali selama seminggu.

7. Egg Food

Metode pemberian Egg Food sudah lama diterapkan dalam mengganti pakan kroto. Egg food sendiri terbuat dari telur. Bisa menggunakan telur ayam, telur puyih, dan telur bebek. Cita rasa yang diberikan dalam Egg Food ini tak jauh beda dengan kroto. Karena itulah, pakan Egg Food sangat ideal untuk diberikan kepada tledekan sebagai pengganti kroto.

Kandungan yang terkandung dalam pakan racikan ini adalah protein serta nutrisi-nutrisi lain yang biasanya dimiliki oleh kroto. Cara pemberiannya pun hampir sama dengan kroto. Boleh di taruh di capuk makanan atau dipadukan dengan makanan lain seperti voer, suplemen, dan lainnya. Egg Food sangat cocok untuk Anda yang tak mau repot-repot membeli kroto yang susah sekali di dapat.

Untuk pembuatannya sendiri tak terlalu susah. Bahan yang harus disiapkan adalah telur, dalam hal ini kita menggunakan telur ayam. Rebus telur ayam tersebut sampai matang, buang kulitnya, dan ambil bagian kuning telurnya saja. Letakkan pada wadah kemudian di kocok sampai benar-benar merata. Pemberiannya bisa lebih dari 1 telur sesuai kebutuhan tledekan.

Setelah itu, tambah 1 ½ (Satu setengah sendok) teh susu bubuk, kemudian aduk sampai merawata. Untuk Anda yang menggunakan telur puyuh, takaran yang baik untuk susu bubuknya adalah ½ (Setengah sendok) saja karena kandungan telur puyuh lebih kuat dari pada telur biasanya.

Kemudian campur 2 – 3 kapsul minyak ikan. Minyak ikan ini bisa Anda dapatkan dari apotik kemudian di aduk secara merata. Langsung saja berikan pada tledekan dan jika ada sisanya, taruh di dalam kulkas. Angin-anginkan makanan terlebih dahulu jika sudah dimasukkan dalam kulkas karena makanan dingin bisa merusak pencernaan tledekan.

8. Buah-Buahan

Meski pada umumnya buah-buahan hanya sebagai makanan tambahan pelengkap vitamin dan nutrisi lainnya, tapi ternyata bisa digunakan sebagai pengganti kroto. Namun dalam pemberiannya tetap saja takaran jangkrik, ulat hongkong, atau makanan EF berprotein tinggi lainnya harus memiliki takaran yang lebih banyak daripada pemberian buahan. Buah yang baik untuk tledekan adalah apel, papaya, dan lainnya.

Baca Juga: Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi

Itu dia beberapa jenis dan macam makanan pengganti kroto tledekan yang baik dan aman untuk diberikan kepada tledekan. Jenis pakan pengganti kroto untuk tledekan dapat anda terapkan untuk semua jenis tledekan, mulai dari tledekan gunung, tledekan bakau, tledekan laut atau selendang biru. Pemberian makanan pengganti di atas harus disesuaikan takarannya dengan setingan yang dulu. Tentu saja harus diimbangi dengan perawatan seperti mandi, jemur, dan lainnya agar kesehatan tledekan tetap terjaga.

Loading...
loading...
Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi

24 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi

Penyakit Bubul Pada Burung

Bubul Pada Kaki Burung: Jenis, Ciri-Ciri, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan