Merawat Tledekan Bakalan, Tledekan Ombyokan, Sulingan Ombyokan, Sulingan Bakalan

17 Cara Merawat Tledekan Bakalan Agar Gacor dan Juara

Cara merawat sulingan atau tledekan bakalan, bahan dan ombyokan agar cepat gacor dan bermental juara. Setelah membeli tledekan bakalan, Anda akan dihadapkan dengan perawatannya. Untuk perawatannya sendiri sedikit berbeda dengan perawatan harian normal pada umumnya karena tledekan akan sedikit giras, mengingat burung ini baru saja mengenal Anda setelah dibeli dari penangkaran. Sebagai penghobi yang baik, Anda wajib untuk tahu bagaimana merawat tledekan bakalan yang baik dan benar.

Merawat Tledekan Bakalan, Tledekan Ombyokan, Sulingan Ombyokan, Sulingan Bakalan

Perawatan bakalan biasanya menuntuk Anda untuk menentukan tujuan. Apakah Anda ingin menjinakkan terlebih dahulu atau kah ingin melatih suaranya terlebih dahulu. Di sini, Anda disarankan untuk menjinakkannya terlebih dahulu. Gunanya untuk mempermudah Anda dalam perawatan nantinya, tentu saja menjaga performa suara juga mudah dan lebih terkontrol untuk Anda lakukan.

Namun penjinakkan sebenarnya tak selamanya harus dihadapi oleh Anda yang baru saja membeli tledekan. Ada juga tledekan bakalan yang sudah sedikit jinak kepada semua orang karena pengaruh dari perawatannya dulu pada saat dipenangkaran. Hal yang harus Anda lakukan jika berhadapan dengan burung seperti itu adalah menambah kejinakkannya dan mempertahankannya.

Perawatan bakalan biasanya tak berbeda jauh dari perawatan harian. Mungkin yang menjadi masalah utama adalah bagaimana cara menjinakkan tledekan karena pada umumnya tledekan bakalan akan liar pada saat pertama kali. Untuk itu, berikut ini adalah bagaimana cara merawat tledekan bakalan yang baik dan benar serta bisa mendongkrak potensinya.

Cara Merawat Tledekan Bakalan:

1. Mempersiapkan sangkar

Jangan gunakan sangkar yang terlihat mewah dan penuh corak karena bisa menakuti tledekan yang masih giras. Lebih baik untuk pertama kali letakkan saja tledekan Anda di sangkar yang sederhana dengan ukuran sedang, tak kecil tapi tak besar juga. Intinya adalah memberikan kesan nyaman pada tledekan untuk pertama kalinya.

2. Mempersiapkan Alat Mandi

Tahap merawat sulingan bakalan selanjutnya yaitu mempersiapkan peralatan mandi pada burung. Mungkin untuk para pecinta burung akan lebih paham untuk alat mandi burung tledekan. Akan tetapi jika anda pemula bisa siapkan sangkar burung khusus untuk memandikan burung (karamba). Selain itu juga bisa menggunakan sprotan dan anda dapat membeli semprotan burung yang di jual banyak di toko. Walaupun jarang dipakai, namun ada juga yang memandikan tledekan menggunakan cepuk. Mungkin cara tersbut dapat anda coba.

3. Mempersiapkan Pakan / Makanan

Faktor makanan burung sulingan bakalan harus di perhatikan dengan baik, karena rata-rata cepat lambatnya proses membuat tledekan gacor berpengaruh dari jumlah dan juga nutrisi yang ada di dalam pakan burung. Pakan tledekan dapat juga berupa jangkrik ataupun ulat hongkong yang bisa di kasih secara langsung. Atau juga bisa membeli produk makanan insect blend atau pakan khusus untuk burung tledekan bakalan.

4. Proses Penjinakan

Penjinakan tledekan biasanya tak terlalu susah karena burung ini termasuk burung cerdas yang bisa mengetahui mana yang harus diwaspadai, mana yang tidak. Anda hanya perlu untuk selalu menjaga prilaku Anda saat berhadapan dengan si tledekan agar tak mengganggu mentalnya. Cara ampuh yang boleh Anda coba adalah segala kegiatan tentang cledekan harus menggunakan tangan seperti memberi makan, memandikan, menggoda, dan lainnya.

5. Pemberian Air Minum

Capuk air minum harus selalu full. Jika sudah berkurang, maka isi lah dengan air bersih yang sudah direbus terlebih dahulu. Jika tak mau repot, Anda bisa membeli air mineral kemasan. Perhatikan juga kondisi air minum tersebut. Jika sudah terlihat kotor, maka lebih baik di ganti saja.

6. Pemberian EF / Melatihnya Makan Extra Fooding

Berikan makanan EF sewajarnya saja dan menarik untuk dimakannya. Disarankan untuk pertama kali diberikan ulat kandang atau jangkrik saja, sesuai dengan karakter si tledekan. EF bisa membantu dalam memenuhi asupan protein si tledekan namun juga bisa meningkatkan birahi tledekan.

7. Pemberian Voer dan Kroto / Melatihnya Makan Extra Fooding

Voer bisa diseberikan setiap pagi dengan takaran pas. Bisa dicampur dengan kroto untuk menambah nutrisi dan cita rasanya. Jika tledekan tak mau makan voer, bisa Anda latih dengan menggunakan pancingan seperti kroto atau ulat kandang. Cukup dicampurkan sedikit ulat kandang atau kroto di atas voer. Pemberian yang baik adalah ulat kandang sebanyak 1 sendok yang telah di campur voer, berikan setiap hari.

8. Memandikan Tledekan

Proses memandikan baru boleh dilakukan setelah satu minggu berada dalam perawatan Anda. Jika tiba-tiba langsung dimandikan di hari Anda membeli bakalan, pasti akan membuat tledekan Anda kaget dan malah menjadi giras. Memandikannya masih sama dengan burung lain bisa dengan cara disemprot, menggunakan kandang keramba, atau dengan tangan Anda sendiri.

9. Pemberian Pakan Tambahan

Setelah mandi, berikan 5 ekor jangkrik, voer, dan kroto secukupnya saja. Sama dengan sore hari, kembali berikan 5 ekor jangkrik. Sebagai makanan tambahan Anda bisa memberikan buah-buahan segar, bijian, atau makanan EF lain seperti ulat hongkong namun jangan terlalu banyak, cukup 1 ekor perhari saja.

10. Proses Penjemuran

Penjemuran boleh dilakukan seminggu setelah perawatan Anda, sama dengan proses memandikan. Penjemuran cukup 1 jam saja setiap hari dan hentikan penjemuran sebelum pukul 11 siang karena bisa merusak tledekan.

11. Pengkrodongan

Siang hari lebih baik tledekan tak usah dikrodong agar bisa beradaptasi dengan cepat di rumah barunya. Selain itu, mengkrodong di waktu siang bisa membuat tledekan malas untuk berkicau. Namun untuk tledekan lomba, pengkrodongan siang perlu dilakukan agar staminanya terjaga saat di arena lomba.

12. Proses Pemasteran

Pemasteran bisa Anda lakukan sekitar 1 atau 2 minggu setelah teldekan Anda beli. Pemasteran bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari tergantung di mana dan kapan tledekan beristirahat. Bagusnya adalah dimaster semalaman mulai dari pukul 06.00 sore sampai pagi hari esoknya agar mendapatkan performa suara yang bagus.

13. Pemberian Multivitamin dan Multi Mineral

Jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan nutrisi vitamin si tledekan. Tidak hanya itu, perhatikan juga kebutuhan mineral yang harus terpenuhi dalam tubuh tledekan. BirdVit menjadi suplemen yang bagus untuk memberikan asupan vitamin pada tledekan. Berikan juga BirdMineral untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

14. Pembersihkan Kandang atau Sangkar

Selagi Anda memberikan makan atau memandikan tledekan, bersihkan juga kandang atau sangkarnya. Sangkar yang kotor bisa menyebabkan banyak penyakit karena membawa bakteri yang bisa membuat tledekan menjadi sakit. Selain itu, kebersihan tentu bisa membuat tledekan menjadi lebih nyaman dan penjinakkan pun bisa dilakukan dengan cepat.

15. Pengembunan dan Angin-Anginan

Karena tledekan bakalan pertama kali akan mudah stress, maka dari itu perlu dilakukan pengembunan atau angin-anginan sebelum melakukan aktivitasi seperti mandi, penjemuran, dan lainnya. Gunanya agar tledekan tak mudah stress karena pengembunan dan angin-anginan bisa meringankan tingkat stress burung.

16. Proses Memperkuat Stamina

Untuk memperkuat pernafasan serta stamina pada burung tledekan bakalan, anda dapat melakukan pengumbaran. Pengumbaran dapat anda berikan seminggu dua kali.

17. Melatih Mental

Dalam melatih mental tledekan bakalan anda bisa melakukan dengan cara menempatkan di tempat ramai. Jika mental burung sulingan bakalan tersebut sudah jadi maka akan mudah gacor.

Baca Juga: Cara Menjaga Performa Tledekan Lomba Agar Stabil dan Gacor

Itu dia tips bagaimana cara merawat tledekan bakalan yang baik dan benar. Mental menjadi masalah utama karena burung bakalan yang baru saja dibeli cenderung memiliki mental yang sedikit tidak normal karena kaget berpindah tempat dengan suasana baru. Namun untuk tledekan sendiri yang cenderung memiliki mental bagus di setiap jenisnya, sepertinya masalah ini tak akan berlangsung dengan lama.

Loading...
loading...
Proses Penjodohan Sulingan

16 Cara Ternak Tledekan Bagi Pemula Agar Sukses

Membuat Tledekan Gacor

14 Cara Membuat Tledekan Gacor dengan Gaya Nyeklek