Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi

24 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi

Over birahi, birahi naik atau “OB” menjadi masalah tersendiri untuk tledekan tersebut dan pemiliknya. Banyak yang bingun bagaimana cara mengatasi tledekan over birahi yang benar dan aman, padalah jika Anda mau bersungguh-sungguh dalam merawat pasti ada jalan keluarnya. Selain itu, Anda juga teliti dalam mengatasi over birahi pada tledekan. Hal yang harus dijaga adalah keadaan mental dan kesehatan tledekan karena pada umumnya over birahi bisa mempengaruhi kedua hal tersebut.

Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi

Birahi sangat penting untuk tledekan karena bisa membantu untuk meningkatkan performa suara tledekan. Dengan birahi tinggi, bahkan tledekan bisa berkicau sambil nyeklek yang biasanya menjadi ciri khas uniknya. Namun perlu juga untuk diperhatikan tingkat birahi yang bagus untuk tledekan. Karena itulah mengetahui karakter tledekan Anda sangat lah penting.

Jika terlalu tinggi atau over birahi, akan mengakibatkan banyak masalah seperti bertingkah aneh dan bahkan bisa merusak sifat dan melukai fisik tledekan. Hal yang paling sering ditemukan saat tledekan over birahi adalah sering menghantamkan tubuhnya ke dinding sangkar.

Birahi yang terlalu rendah juga tak baik untuk kesehatan tledekan, bahkan bisa mengakibatkan stres dan berujung pada kematian. Beberapa akibat yang dirasakan pada saat birahi tledekan sangat rendah adalah tak mau berbunyi, tak lincah, terlihat letih, dan mudah jatuh sakit. Namun masalah yang sering ditemui adalah over birahi, maka dari itu hal pertama anda harus paham ciri cirinya.

Ciri Ciri Tledekan Over Birahi :

1. Digoda Pakai Tangan Burung Mengejar.

2. Sering Mletik.

3. Sering Ngetem.

4. Sering Ngriwik dari pada Ngeplong.

Jika sudah paham ciri-ciri tledekan birahi atau over birahi, hal yang lain itu yaitu mengetahu apa saja penyebabnya. Berikut ini penyebab tledekan birahi.

Penyebab Tledekan Over Birahi:

1. Pemberian EF yang terlalu banyak.

2. Kurang mandi.

3. Penjemuran yang terlalu lama dan panas.

4. Usia burung masih terlalu mudah.

5. Mencapai masa reproduksi.

6. Perawatan yang tak teratur dan melenceng dari jadwal.

7. Sering melakukan full krodong.

8. Proses pengembunan kurang.

9. Angin-anginan kurang.

10. Melihat sesama jenis (Lokasi yang tak baik).

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan tldekan over birahi, birahinya naik atau “ob”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi tledekan atau sulingan over birahi dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Tledekan Over Birahi:

1. Sering Mandi

Mandi memang sangat bermanfaat untuk membuat bulu tetap sehat dan rapi. Selain itu, mandi juga membantu dalam mengatasi stres dan membuat pikiran tledekan menjadi plong. Namun untuk menghindari over birahi, mandi jangan sampai bolong-bolong atau tak sesuai jadwal. Mandi bisa ditingkan menjadi frekuensi sering seperti 4 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, dan malam hari.

2. Mandi Malam atau Mandi Es

Udara sejuk sangat ampuh untuk mengatasi birahi yang terlalu tinggi pada tledekan. Salah satu metode yang bisa Anda terapkan adalah dengan mandi es. Mandi es adalah mandi menggunakan air dingin dari dalam kulkas. Tentu saja lebih baik dilakukan pengembunan atau angin-anginan sebelum melakukan mandi es pada pagi hari.

Sedangkan mandi malam adalah mandi yang dilakukan pada malam hari. Jangan lupa angin-anginkan tledekan terlebih dahulu agar ia tak kaget dengan sejuknya air mandinya nanti. Mandi malam sangat berkhasiat untuk menurunkan birahi yang tinggi. Konsepnya sama dengan mandi es.

3. Penjemuran Jangan Terlalu Lama

Pada umumnya penjemuran yang baik untuk tledekan adalah 1 -2 jam sehari. Baik dilakukan di atas pukul 11.00 siang agar tak kepanasan. Panas berlebih pada tubuh tledekan bisa membuat tledekan menjadi over birahi. Untuk mengatasinya, penjemuran cukup 15 – 30 menit saja setiap hari. Namun jika di ras over birahinya sudah terlalu tinggi, penjemuran Anda hentikan sampai birahinya normal kembali.

4. Kurangi Pemberian Pakan EF

EF yang dimaksud adalah jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, atau lainnya. Pemberian kroto juga bisa dimasukkan dalam golongan EF dan sebaiknya tak usah diberikan. Makanan EF mengandung banyak protein yang bisa meningkatkan birahi pada tledekan. Hentikan untuk sementara dan Anda bisa menggantinya dengan voer, buah-buahan, bijian, dan lainnya.

5. Menggunakan Kandang Umbaran

Kandang umbaran menjadi salah satu cara jitu untuk mengatasi over birahi pada tledekan. Pada umumnya over birahi hanyalah burung yang sedang kelebihan tenaga. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah menguras tenaga tersebut agar kembali normal lagi. Dengan menggunakan kandang umbaran yang luas akan membuat tledekan terdorong untuk melakukan olahraga yang akan menguras banyak tenaganya.

6. Pemberian Pakan EF Penurun Birahi

Biasanya EF terbagi atas dua yaitu peningkat birahi dan penurun birahi. Berikan pakan penurun birahi untuk tledekan seperti ulat bambu secukupnya yang akan membantu dalam menurunkan birahi tledekan.

7. Pemilik Harus Konsisten

Jangan mengubah setingan harian tledekan yang telah Anda buat dan selalu saja menghindari untuk melakukannya. Seperti misalnya jika Anda harusnya memandikan tledekan setiap pagi hari, namun sering kali Anda terlambat memandikannya atau bahkan tak memandikannya. Ubah pikiran Anda dan pastikan untuk tak melewatkan kegiatan wajib yang terkait dengan tledekan Anda.

8. Kurangi Full Krodong

Full krodong hanya untuk tledekan yang lemah atau terlalu lelah saat usai beraktivitas atau mengikuti lomba. Jika tledekan masih sehat-sehat dan semangat, lebih baik tak usah dikrodong pada saat siang hari. Biarkan tledekan tebang ke sana ke sini dan berkicau semaunya agar birahinya dapat tersalurkan dengan baik.

9. Angin-Anginan dan Pengembunan

Jangan pikir proses seperti ini tak bisa mengatasi over birahi, justru hal ini sangat penting bagi tledekan. Sebelum melakukan mandi dan aktivitas lainnya lebih baik di angin-anginkan terlebih dahulu. Selain itu, cara ini juga bisa membantu menurunkan stres pada tledekan. Sedangkan untuk pengembunan sendiri baik dilakukan pada pukul 05.00 – 05.30 pagi agar pikiran tledekan lebih terkontrol.

10. Kawinkan

Pada umumnya jika tledekan over birahi dengan ciri-ciri bertingkah aneh saat bertemu dengan lawan jenis, itu artinya tledekan Anda sedang ingin kawin. Tentu saja untuk mengatasinya lebih baik dikawinkan saja jika keduanya benar-benar sudah berjodoh. Seusai itu, birahi tledekan kemungkinan besar akan kembali normal karena telah tersalurkan dengan baik. Namun tata cara kawin tledekan juga harus disesuaikan sesuai dengan prosedur ternak tledekan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Ngedrop

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi tledekan over birahi yang baik dan aman untuk Anda terapkan di rumah Anda. Cara-cara mengatasi over birahi pada tledekan dapat anda terapkan untuk semua jenis tledekan, mulai dari tledekan gunung, tledekan bakau, tledekan laut atau selendang biru. Perhatikan juga mental tledekan, jangan sampai terganggu karena pada fase over birahi, mental tledekan benar-benar sangat sensitive. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Ngedrop

29 Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Ngedrop

jenis makanan pengganti kroto pada burung tledekan, sulingan atau sikatan

8 Jenis Makanan Pengganti Kroto Tledekan dan Cara Membuatnya